Wednesday, 13 February 2008

Jogging Membuat Baterai Penuh ?


Mau tahu Ternyata jalan santai dan jogging tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga berguna untuk menghasilkan listrik.
Anda mungkin berpikir mana mungkin jalan santai atau jogging bisa menghasilkan listrik ? Ya memang benar kalau cuma jalan kaki biasa tentu tidak bisa, tetapi dengan bantuan suatu alat ciptaan para peneliti di AS dan Kanada hal itu menjadi mungkin. Penasaran ? Baca saja lebih lanjut.

Alat yang dapat menghasilkan daya sebesar 5 watt dengan jalan santai dan sekitar 13 watt dengan jalan yang lebih cepat ini memiliki berat sekitar 1,6 kilogram.
Menurut Dr Max Donelan dari Universitas Simon Fraser di Burnaby, Kanada, "daya 13 watt cukup untuk memasok energi sekitar 30 menit waktu bicara pada ponsel standar hanya dengan berjalan semenit."

Pembangkit listrik mini mengubah gerakan menjadi listrik melalui proses yang disebut rem generatif (generative braking). Teknologi ini mirip dengan proses yang diterapkan pada kendaraan-kendaraan berbahan bakar hibrida, misalnya pada Toyota Prius.

"Berjalan mirip sekali dengan gerakan berhenti dan maju saat menyetir, dengan setiap jalur otot berulang-ulang bergerak lebih cepat dan lebih lambat," kata Donelan.

Berbeda dengan mesin hibrida yang memanfaatkan pelepasan energi panas untuk memutar generator, alat ini mengubah energi yang dilepaskan kaki saat jatuh ke tanah. Rangkaian roda bergigi pada generatornya akan berputar setiap kali kaki berhenti sebentar menekan permukaan tanah.

Para pengembangnya yakin, perangkat ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Salah satunya membantu para pasien dengan organ implan buatan yang harus selalu hidup.

"Saya kira adopsi awal akan diterapkan pada orang-orang yang hidupnya tergantung pada sumber energi portabel. Di dunia medis, sumber energi portabel digunakan oleh orang-orang yang diamputasi untuk menghidupkan organ buatannya," ungkap Donelan.

Sumber : BBC

Tickerbar

KumpulBlogger