Monday, 12 April 2010

PENTINGNYA NETWORKING

Sejak sekitar satu tahun yang lalu, aku sudah mulai menyadari prinsip yang sangat berharga ini. Suatu prinsip yang juga diperlukan dalam bidang apapun, sebab pada dasarnya manusia tidak dapat melakukan segala sesuatu sendirian. Sesuai dengan kodratnya sebagai makhluk social, manusia butuh orang lain baik sebagai anggota tim maupun sebagai relasi dalam segala bidang. Prinsip ini aku ketahui (atau tepatnya aku sadari) pertama kali bahwa prinsip ini penting dan berguna adalah waktu aku bekerja sebagai sales agent pada perusahaan asuransi jiwa PT. Prudential Life Indonesia. Prinsip ini diajarkan oleh leader yang tepat berada diatasku.

Leaderku mengatakan, “tanpa jaringan atau kenalan kamu tidak akan bisa berkembang, sebab kamu hanya berjuang sendirian, padahal untuk meraih suatu sukses luar biasa kita juga harus mampu untuk bekerja melalui orang lain selain kita bekerja keras sendiri”. Selain itu, leaderku juga bilang, “bahwa kita harus dikenal oleh orang lain, sebab sehebat apapun kita namun jika tidak ada orang yang tahu bahwa kita hebat, maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa dari setiap kehebatan yang kita miliki”. Semakin banyak orang yang kita kenal, semakin banyak pula sesuatu yang dapat kita berikan ke mereka dan semakin banyak pula sesuatu yang dapat kita terima dari mereka. Jadi hubungan timbal-balik berlaku disini, sama-sama mendapatkan keuntungan atau manfaat.

Dari pelajaran-pelajaran itu pula, sudah sejak sekitar satu tahun yang lalu, aku semakin suka serta menikmati ketika harus berkumpul dengan orang-orang, bahkan termasuk orang-orang yang belum aku kenal atau baru aku kenal sekalipun. Aku suka berkumpul dengan mereka, karena dari sana aku dapat memperoleh partner dalam bekerja atau pelanggan ataupun sekedar teman dalam jumlah yang sangat banyak. Sungguh memiliki banyak kenalan itu enak, sebab dari dengan para orang yang kita kenal, kita bisa menjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Dari teman-teman yang banyak pula, kita dapat saling berbagi cerita dan saling membangun satu sama lain. Melalui pertemanan pula, siapa tahu kita dapat menemukan pacar atau orang yang kita sukai. Ya, aku benar-bener merasakan manfaat pertemanan dengan orang-orang. Namun, kita juga harus waspada serta selektif dalam menjalin pertemanan, maksudnya kita hendaknya menjalin pertemanan dengan orang-orang yang seandainya kita berteman dengan mereka kita dapat saling membangun serta saling menguntungkan satu sama lain. Bagaimana pendapat Anda ?

Tickerbar

KumpulBlogger