Friday 26 November 2010

Jangan Berhenti !


Ketika membuat tulisan ini, saya sudah beralih ke halaman 182 dari buku yang sedang saya baca. Satu inspirasi lagi untuk menulis dari pernyataan yang terdapat dalam buku tersebut. Semoga bermanfaat.
Seringkali kita tergoda untuk terlalu cepat puas. Seringkali kita tergoda untuk terlalu cepat berhenti atau menyerah sebelum kita benar-benar mencapai apa yang kita inginkan atau harus kita kerjakan. Seringkali kita terlalu cepat memberi diri kita istirahat, padahal masih ada pekerjaan atau tanggung jawab yang belum tuntas. Hal ini bukan berarti kita tidak boleh beristirahat, tapi jangan terlalu cepat memberi diri kita istirahat atau waktu untuk bersantai-santai, padahal masih ada tanggung jawab yang menuntut kita untuk segera menyelesaikannya. Seringkali pula kita senang memberi kita hadiah atau sesuatu yang menyenangkan, padahal banyak pekerjaan kita yang tidak berhasil diselesaikan dengan baik atau bahkan tidak mampu diselesaikan sama sekali.
Semua hal yang saya ungkapkan di atas, sekarang sedang terjadi pada diri saya sendiri. Saya sadar bahwa kita sebagai manusia perlu beristirahat. Kita sebagai manusia juga berhak untuk menikmati senang-senang atau hiburan. Kita berhak untuk memperoleh sesuatu yang memberi kenyamanan atau kepuasan pada diri kita. Namun apa jadinya jika semua hal tersebut terlalu banyak kita lakukan atau kita berikan untuk diri kita sendiri ? Apa jadinya jika kita terlalu cepat memberikannya padahal masih ada tanggung jawab yang menanti ? Salah satu jawaban yang saya ketahui adalah banyak pekerjaan atau tanggung jawab kita yang tidak terselesaikan dengan baik atau bahkan tidak terselesaikan sama sekali. Kita menjadi terlena dan lupa akan semua tanggung jawab atau pekerjaan kita yang masih menunggu untuk segera dibereskan.
Saya menulis tulisan ini bukan berarti saya sudah benar sempurna pada hal-hal yang saya sebutkan di atas. Seperti sudah saya akui bahwa sekarang ini pun saya sedang mengalami apa yang banyak orang sebut sebagai penundaan atau procrastination. Saya terlalu cepat senang dan puas, padahal baru sangat sedikit sekali pekerjaan yang tuntas. Saya menyadari hal tersebut tidaklah baik, maka saya harus segera berubah.
Namun saya juga menemukan bahwa berubah ke arah yang lebih baik itu juga tidaklah mudah. Selalu saja ada halangan atau tantangan yang seolah-olah datang pada waktu yang tepat untuk menghalangi kita menjadi diri kita yang lebih baik. Apakah Anda juga pernah mengalaminya ?
Tetapi baiklah saya dan juga Anda, kita semua, mulai bertekad yang lebih besar dan lebih kuat lagi untuk tidak terlalu cepat puas. Mari kita belajar untuk tidak terlalu cepat memberikan diri kita hadiah dalam bentuk apapun jika kita belum benar-benar menuntaskan pekerjaan atau tanggung jawab kita. Saya tahu selalu tidaklah mudah, tetapi marilah kita coba. Dan semoga dengan begitu, kita dapat menjadi lebih baik, benar-benar lebih baik. Janganlah berhenti sebelum kita menuntaskan semuanya dengan hasil yang terbaik. Semangat !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger