Friday 26 November 2010

Disiplin Setiap Hari


Saat tulisan ini saya buat, saya sudah sampai di halaman 181 dari buku The 21 Indispensable Qualities of A Leader. Saya sampai di bahasan mengenai Disiplin. Saya tertegur oleh salah satu penjelasan dari Maxwell mengenai Disiplin.
Maxwell mengungkapkan bahwa Disiplin itu harus dijadikan gaya hidup. Disiplin itu harus dilakukan setiap hari, bukan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Salah satu penjabaran mengenai Disiplin itulah yang menegur saya. Saya sadar bahwa saya ber-Disiplin, tetapi Disiplin saya hanya saya jalankan pada waktu-waktu tertentu saja. Saya ber-Disiplin ketika saya merasa membutuhkan atau bahkan merasa terpaksa harus Disiplin. Disiplin belumlah menjadi gaya hidup saya.
Maxwell juga menyatakan bahwa jika kita ingin menjadikan Disiplin sebagai gaya hidup, maka kita belum mengembangkan sistem serta rutinitas, khususnya di bidang-bidang dimana kita ingin meraih sukses atau yang penting bagi pertumbuhan jangka panjang kita. Kita harus memiliki aturan-aturan atau jadwal-jadwal yang harus kita patuhi setiap hari. Saya sendiri sudah membuktikan bahwa jadwal sangat membantu saya dalam menjadikan setiap hari berjalan dengan efektif. Namun ternyata saya belum sepenuhnya membuat penjadwalan bagi aktivitas harian saya, sehingga akibatnya saya hanya ber-Disiplin pada waktu-waktu tertentu saja dan ketika penjadwalan saya sudah berakhir saya kembali menjadi tidak Disiplin.
Bagi kalian dan saya yang merasa atau meyakini atau menyadari bahwa diri kita belumlah menjadikan Disiplin sebagai gaya hidup, mari kita ingatkan diri kita sendiri untuk lebih Disiplin. Mari kita ingatkan diri kita untuk membuat sistem serta rutinitas atau jadwal yang akan kita jalani setiap hari. Mari kita berupaya lebih baik dan lebih baik untuk menjadikan hidup kita lebih efektif dan bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger