Friday 24 December 2010

Pola Pikir Yang Benar

Saat saya sedang asyik membaca buku yang berjudul, ‘Berpikir dan Berjiwa Besar’, ada suatu bagian dalam buku tersebut yang mengingatkan saya terhadap sebuah pengalaman yang pernah saya alami sendiri bertahun-tahun yang lalu. Pengalaman saya persis seperti cerita contoh kasus yang ada dalam buku tersebut, hanya untuk kegiatan atau hal yang berbeda. Inilah ceritanya.
Bertahun-tahun lalu, saat saya masih di awal masa kuliah, memutuskan untuk bergabung dengan salah satu organisasi yang ada di kampus. Di organisasi tersebut terdapat banyak sie atau divisi dan saya memutuskan untuk memilih sie acara yang bertugas merencanakan serta merancang dari setiap acara atau kegiatan yang menjadi tanggung jawab organisasi tersebut. Saya menjalani proses wawancara yang ditujukan untuk menyeleksi orang-orang yang akan diterima sebagai bagian dari organisasi dan saya menjawab seluruh pertanyaan yang diajukan dalam wawancara tersebut sebaik mungkin. Namun ternyata hasil wawancaranya berbeda dengan apa yang benar-benar saya harapkan. Saya diterima, tetapi di sie yang berbeda dengan sangat saya harapkan, saya diterima di sie perlengkapan. Saya agak kurang suka di awal, namun sebagai bentuk tanggung jawab serta profesionalisme, saya tetap melakukan seluruh tanggung jawab pekerjaan yang diserahkan kepada saya dengan sebaik yang saya bisa.
Ketika mulai bekerja di dalam sie tersebut, saya menemukan beberapa pekerjaan yang kurang saya sukai, seperti mengangkat perlengkapan, membersihkan ruangan (menyapu dan mengepel), serta harus berkeliling ke beberapa tempat untuk menemukan beberapa perlengkapan yang diperlukan. Sungguh, pekerjaan yang harus saya lakukan lebih banyak pekerjaan yang bersifat fisik. Saya sempat merasa bahwa saya diremehkan atau dilecehkan dengan diberi pekerjaan seperti itu, saya merasa seolah saya menjadi orang rendahan, seolah saya masuk kuliah hanya untuk jadi ‘tukang angkat-angkat dan bersih-bersih’. Namun betapa beruntungnya saya sebab pola pikir yang salah tersebut tidak bertahan lama, hanya beberapa menit saja. Saya segera mengatakan kepada diri saya sendiri di dalam hati, ‘bahwa pekerjaan tersebut tidak akan selamanya, jika saya kerjakan dengan sebaik mungkin yang saya bisa kerjakan dengan penuh kesungguhan serta kerja keras, maka suatu saat nanti akan tiba saatnya bagi saya untuk naik ke puncak’.
Awalnya ucapan tersebut tampak seperti sekedar penghiburan diri semata, namun ternyata memiliki pola pikir benar seperti itu tidak salah sama sekali, tidak ada ruginya bahkan benar-bena menguntungkan. Pola pikir benar seperti itu sungguh menguntungkan dan membantu saya bekerja dengan penuh kesungguhan serta bekerja lebih baik bahkan lebih dari yang diharapkan. Pola pikir benar seperti itu sungguh memberikan hasil dan benar-benar memberi hasil. Saya memang harus menunggu hingga tahun keempat keikutsertaan saya untuk sampai ke puncak organisasi tersebut. Namun, hal tersebut sungguh memberikan hasil. Saya berhasil mencapai puncak organisasi tersebut setelah mencoba dua kali untuk menduduki posisi puncak tersebut.
Akhirnya setelah saya berhasil mencapai puncak di organisasi tersebut, saya akhirnya ingat kembali terhadap ucapan saya sendiri yang saya ucapkan empat tahun sebelumnya. Saya seolah disadarkan bahwa ternyata ucapan yang positif, ucapan yang berawal dari pola pikir yang benar akan memicu kita memilih atau bertindak dengan benar. Pada akhirnya, tindakan yang benar akan memberikan hasil yang benar pula untuk diri kita sendiri maupun orang lain disekitar kita. Sungguh, berpikir benar dan positif akan memberikan hasil yang benar dan positif pula. Itulah sekedar berbagi pengalaman dari hasil berpikir yang pernah saya alami beberapa tahun lalu. Kini sekarang sedang mempraktekkan kembali pola pikir benar tersebut dan saya juga percaya bahwa suatu waktu nanti di masa depan pola pikir benar yang saya jalankan saat ini akan memberi hasil yang maksimal sesuai dengan apa yang percayai atau yang pola pikir saya arahkan.
Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda juga memiliki pengalaman nyata yang merupakan hasil dari pola pikir benar yang Anda jalankan ? Jika ada, Anda dapat membaginya pada komentar untuk tulisan ini. Sekian dan semoga berguna serta dapat memberikan inspirasi untuk diri saya sendiri maupun Anda yang membacanya.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger