Wednesday 22 December 2010

Evaluasi Hidup

Setiap hari, selama kita masih bernafas dan dapat bergerak, berarti kita masih hidup. Setiap hari kehidupan kita berjalan dengan detik demi detik, menit demi menit, dan jam demi jam, namun tidak selalu setiap detik, menit, atau jam yang kita lalui semuanya berjalan mulus. Dalam setiap waktu yang kita jalani dalam kehidupan terkadang kita jatuh, terkadang kita melakukan aktivitas yang kurang penting, terkadang kita kurang atau tidak berhasil menjalankan jadwal yang kita buat untuk setiap hari dalam hidup kita, terkadang kita terpalingkan dari impian atau target kita oleh sesuatu hal, dan banyak hal yang mungkin saja berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Menyikapi itu semua, adakalanya kita perlu melakukan evaluasi terhadap kehidupan sendiri, evaluasi yang positif dan membangun.
Gagasan untuk membuat tulisan mengenai evaluasi hidup ini saya peroleh ketika saya sedang membaca sebuah buku pengembangan diri yang memang saya baca untuk kembali membantu diri saya berkembang ke tingkat yang lebih baik dan lebih tinggi dalam kehidupan saya sendiri. Dalam salah satu bagian buku tersebut, saya menemukan sebuah bahasan mengenai evaluasi dan betapa evaluasi tersebut dapat membantu kita untuk menemukan apa yang kurang baik dalam setiap apa pun yang kita lakukan serta untuk mengurangi hal-hal kurang baik tersebut untuk membantu kita bertumbuh secara pribadi. Terpantik oleh tulisan tersebut, saya seolah diingatkan kembali pada tulisan yang pernah saya beberapa waktu sebelumnya mengenai target dan jadwal harian. Saya diingatkan kembali bahwa selama beberapa hari terakhir ini saya lupa untuk melakukan evaluasi terhadap setiap kegiatan yang telah saya lakukan setiap harinya. Saya benar-benar lupa melakukan evaluasi terhadap seluruh aktivitas saya setiap hari.

Segera saja begitu saya diingatkan oleh isi buku yang saya baca tersebut saya segera memutuskan untuk kembali mengevaluasi kembali setiap hal yang saya lakukan dalam kehidupan saya selama beberapa hari terakhir. Saya ambil catatan dan alat tulis untuk menuliskan hal-hal yang kurang produktif atau kurang bermanfaat yang telah secara sadar atau secara tidak sadar telah saya lakukan dalam hidup saya beberapa hari terakhir. Melalui evaluasi diri secara produktif tersebut, saya menemukan ada beberapa hal yang secara tidak saya sadari ternyata telah menjadikan hidup saya tidak efektif serta kurang menghasilkan manfaat bagi diri saya sendiri maupun orang lain. Saya menemukan bahwa saya terlalu banyak menonton televisi, sering melakukan pencarian informasi di internet yang tidak benar-benar saya butuhkan untuk mendukung aktivitas saya, saya menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membaca berita melalui media cetak maupun media online, serta beberapa aktivitas yang seharusnya kurang penting atau kurang tepat untuk saya lakukan dalam porsi waktu yang terlalu banyak.
Sungguh, dari evaluasi diri secara positif dan membangun yang saya lakukan itulah saya menemukan betapa terkadang tanpa saya sadari saya telah melakukan kegiatan atau aktivitas yang kurang produktif atau kurang bermanfaat. Saya semakin disadarkan pula akan pentingnya evaluasi diri secara harian atau mingguan atau bulanan, yang penting kita melakukan evaluasi diri. Hal tersebut benar-benar bermanfaat untuk menemukan hal-hal yang kurang bermanfaat yang secara sadar maupun tidak telah sering kita lakukan dalam kehidupan kita setiap hari. Sekian berbagi dari saya dan semoga berguna. Apakah kalian juga sering melakukan evaluasi diri yang positif ?

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger