Tuesday, 21 December 2010

Menciptakan Sejarah Hidup

Sejarah atau history dalam Bahasa Inggris dapat memiliki beragam arti, antara lain asal-usul silsilah, kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau. Mengacu pada definisi tersebut, maka segala sesuatu yang ada di dunia ini memiliki sejarahnya masing-masing. Sebagai contoh, sejarah kemerdekaan Indonesia, sejarah perang dunia, sejarah kerajaan Majapahit, sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia, sejarah kelahiran negara Amerika Serikat, sejarah pengembangan pesawat terbang, sejarah atau asal mula danau Toba, dan termasuk juga sejarah kelahiran kita.
Mengacu pada beberapa contoh sejarah di atas, maka kita dapat mengetahui bahwa kita sendiri telah menjadi salah satu bagian dari sejarah dunia ini. Oleh karena kita telah menjadi satu bagian dari sejarah dunia ini, maka kita tidak perlu minder atau kurang percaya diri terhadap kehidupan serta diri kita sendiri. Namun, kita juga tidak boleh puas dengan sejarah kehidupan kita tersebut. Kita harus berupaya untuk menciptakan suatu catatan sejarah kehidupan yang lebih baik lagi daripada sekedar ada atau lahir di dunia ini. Kita harus menciptakan catatan kehidupan yang baik dan tidak memiliki noda atau keburukan serta jika memungkinkan kita juga harus berupaya menciptakan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi orang banyak yang dapat membuat kita juga dikenang oleh dunia ini sebagai orang yang telah membantu menciptakan suatu kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang di dunia ini.

Ya, kita harus berupaya untuk menciptakan suatu catatan hidup atau sejarah yang lebih dari sekadar bahwa kita pernah dilahirkan atau hidup di dunia ini. Untuk menciptakan catatan sejarah yang seperti itu, kita dapat belajar ke para pembuat ‘sejarah’ seperti penemu, negarawan, sejarawan, industriawan, maupun orang-orang lain yang telah menciptakan atau memberikan sesuatu yang berharga bagi dunia ini. Kita dapat belajar dari mereka serta kemudian berjuang untuk menjadikan diri kita bagian dari sejarah yang dikenang oleh banyak orang. Ya, kita harus berjuang untuk membuat sejarah yang tidak biasa-biasa saja dalam rentang waktu kehidupan yang kita miliki. Namun, seandainya kita tak berhasil sekalipun untuk menjadi bagian sejarah besar dunia, jangan berkecil hati, sebab bagaimanapun kita adalah bagian dari sejarah dunia karena kita telah melewatkan suatu rentang waktu kehidupan di dunia ini serta menciptakan paling tidak sejarah di hati orang-orang yang dekat dengan kita. Selamat membuat sejarah kehidupan kita sendiri.

Tickerbar