Monday 20 December 2010

Kehidupan adalah Aset

Beberapa hari lalu, saya menyadari serta menemukan suatu kalimat yang sangat indah serta penting bagi pertumbuhan pribadi setiap individu. Kalimat tersebut sempat saya pasang di status akun Facebook saya selama beberapa hari dan dua hari kemudian juga saya share di akun Twitter saya. Kalimat tersebut berbunyi, “kehidupan adalah sebuah aset yang sangat berharga, oleh karena itu kehidupan harus dikelola dengan sangat baik”. Kalimat yang sungguh indah bukan ? Kalimat itu pula yang hari ini kembali muncul di benak saya. Saya teringat kembali akan kalimat tersebut setelah saya membaca kembali tulisan-tulisan lama yang pernah saya buat.
Tulisan yang berisi inspirasi saya waktu itu untuk mengejar gelar S-2 (Master) saya peroleh setelah sempat melakukan chat sebentar dengan salah seorang kawan lama. Di tulisan lama tersebut, saya menceritakan bahwa saya ingin mengejar gelar S-2 (Master) dan oleh karena itu saya harus bekerja keras serta mengelola seluruh kehidupan saya dengan baik agar impian tersebut dapat terwujud. Namun, setelah lebih dari satu tahun tulisan tersebut saya buat, ternyata saya masih kurang mampu untuk mengelola kehidupan saya dengan baik. Bahkan setelah lebih dari satu tahun berlalu sejak saya membuat tulisan tersebut, saya seolah membiarkan kehidupan saya berjalan mengikuti arus dan tanpa manajemen yang baik. Hal tersebut masih terus berlanjut sampai sekitar dua bulan yang lalu.
Namun sejak dua bulan lalu, saya akhirnya mulai sadar bahwa saya tidak boleh seperti itu terus. Saya harus mulai kembali mengelola kehidupan saya dan tidak membiarkan kehidupan saya hanya berjalan mengikuti arus. Saya harus kelola hidup saya, sebab hidup saya itu begitu penting dan merupakan aset yang sangat berharga yang tidak akan pernah dapat kembali lagi jika sudah habis nanti. Saya harus atur hidup saya dan menanganinya dengan sangat baik untuk menjadikan kehidupan saya sebagai sebuah kehidupan yang tidak biasa. Suatu kehidupan yang dapat memberi dampak bagi diri saya sendiri maupun orang lain. Kehidupan yang berdampak.

Tetapi saya juga sadar bahwa untuk dengan disiplin, teratur, dan tertib itu tidaklah mudah, selalu akan ada halangan atau godaan yang datang untuk membuat kita tidak disiplin, teratur, dan tertib. Godaan-godaan tersebut selalu muncul sebagai suatu ujian untuk mengetahui seberapa besar tekad kita sendiri untuk mengelola hidup kita. Jika kita menang melawan seluruh godaan tersebut, maka hidup kita akan menjadi hidup yang luar biasa. Namun jika kita tidak mampu mengalahkan seluruh godaan tersebut, maka kemungkinannya hidup akan menjadi kehidupan yang biasa saja dan bahkan mungkin akan kacau-balau. Godaan akan selalu ada, tapi saya harus berusaha untuk menang melawannya untuk menjadikan kehidupan saya bukan kehidupan yang biasa-biasa saja, melainkan kehidupan yang terkelola dengan baik serta memberikan hasil maksimal bagi diri saya sendiri maupun orang lain. Bagaimana dengan Anda, apakah Anda juga akan mengelola kehidupan Anda untuk menghasilkan kehidupan yang luar biasa ?

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger