Sunday 12 December 2010

Dr-Eng Eniya Listiani Dewi, Mengubah Hidrogen Menjadi Listrik

Listrik yang dihasilkan dengan tenaga uap, air dan bahan bakar minyak itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika energi untuk kebutuhan sehari-hari dihasilkan dari gas hidrogen?

Adalah Dr-Eng Eniya Listiani Dewi (36) yang mewujudkan rekayasa teknologi sel bahan bakar (fuel cell), yakni sumber energi alternatif penghasil listrik yang ramah lingkungan, dengan hanya mereaksikan gas hidrogen dengan oksigen secara elektrokimia.

"Dari proses itu maka diperoleh listrik, panas dan air murni, tanpa suara, tanpa emisi dan fleksibel dengan berbagai macam ukuran sesuai kebutuhan," kata Eniya, peraih Penghargaan Habibie Award 2010 di bidang Ilmu Rekayasa.

Hal itu disampaikannya usai acara penyerahan Habibie Award di Hotel Sultan, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (30/11/2010).

Eni, sapaan akrabnya, awalnya tidak menyangka akan mendapatkan Habibie Award. Sebab, katanya, persyaratan untuk meraih penghargaan itu cukup sulit, disamping tentunya komitmen, dedikasi dan pencapaian.

"Habibie Award ini terkenal sulit ditembus," kata ibu tiga anak itu.

Setelah mendapat penghargaan prestisius itu, Eni berharap bisa mengembangkan penemuannya itu hingga kemanfaatannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Sebagai cita-cita awal, ia ingin sekali ilmunya mengubah hidrogen menjadi listrik diterapkan dalam sebuah perumahan.

"Fuel cell di perumahan bisa menghemat penggunaan energi sampai 80 persen," kata peraih gelar doktor dari Universitas Waseda di Jepang ini.

Mengenai pengalaman terjun ke dunia sains, Eni mengaku karena ketidaksengajaan. Awalnya, saat mendapat beasiswa di Jepang, ia justru mengambil jurusan teknik informatika. Tapi melihat prestasi akademiknya, Eni justru diarahkan dosennya ke bidang kimia terapan, dan berlanjut hingga ia mendapat sejumlah penghargaan.

"Padahal saya dulu pernah membayangkan tidak mau pakai jas putih-putih di lab," kata peraih Mizuno Award dan Koukenkai Award di Jepang ini. (sumber: www.detiknews.com).

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger