Monday, 25 April 2011

Menemukan yang Benar


Siang ini, dalam perjalanan pulang selesai menghadiri pesta pernikahan kawan lama saya, saya terpikir suatu gagasan yang menarik. Gagasan tersebut terkait dengan cara kerja polisi. Seperti yang mungkin telah kita semua ketahui, polisi selalu berpatroli atau mengawasi lokasi-lokasi tertentu di jalan untuk mengetahui seandainya terdapat pengendara kendaraan yang menyalahi aturan lalu lintas, baik menyalip dengan menggunakan jalur yang tidak semestinya, berkendara melebihi kecepatan yang ditentukan, maupun salah mengambil jalur. Namun siang ini saya terpikir suatu gagasan lain yang menarik, gagasan ini sudah diterapkan dengan baik dalam skala kecil oleh salah satu surat kabar nasional.

Strategi tersebut adalah menemukan yang benar. Selama ini polisi selalu mencoba menemukan pengendara kendaraan yang bersalah saat berkendara di jalan raya. Mereka selalu mencoba menemukan yang salah, tanpa pernah mencoba menemukan yang benar dan mengapresiasinya secara khusus. Saya terpikir, mengapa para polisi tidak mencoba untuk menemukan pengendara yang mematuhi peraturan lalu lintas dan memberinya suatu hadiah atau penghargaan khusus. Hadiah atau penghargaan khusus tersebut diberikan dengan tujuan untuk menginspirasi para pengendara kendaraan lain, sebab pada umumnya orang sangat menyukai jika mereka mendapat penghargaan atau hadiah atau sanjungan. Jadi, mengapa polisi tidak mencoba untuk memanfaatkan salah satu kesenangan utama manusia ?
Saya rasa, strategi tersebut perlu dicoba diterapkan, paling tidak di kota-kota besar Indonesia. Kemudian jika penerapan strategi tersebut dipandang efektif serta mampu mengurangi pengendara kendaraan yang melanggar peraturan berlalu lintas, barulah dapat dicoba untuk diterapkan di sejumlah kota tambahan dan pada akhirnya di seluruh kota di Indonesia. Saya rasa segala macam strategi atau cara yang sekiranya baik perlulah untuk dicoba agar dapat benar-benar diketahui apakah cara atau strategi tersebut mampu berjalan sebagaimana diperkirakan atau diperhitungkan sebelumnya. Semoga benar-benar dicoba !

Tickerbar