Saturday, 2 July 2016

Monster Laut Itu Ternyata....

Foto Monster Laut Yang Ditangkap Kamera Google Earth
Foto Monster Laut Yang Ditangkap Kamera Google Earth (sumber: kompas.com)
Beberapa waktu yang lalu muncul sebuah kabar atau berita di situs berita online mengenai ditemukannya suatu benda aneh nan misterius di tengah lautan lepas yang diduga sebagai suatu makhluk aneh dari dalam samudera. Benda misterius yang ditemukan berada di lautan lepas dekat Kepulauan Deception (Deception Island) di wilayah Antartika tersebut berhasil ditangkap pertama kali oleh kamera Google Earth yang melakukan pencitraan permukaan bumi dari luar angkasa dengan menggunakan satelit. Benda misterius tersebut didefinisikan sebagai benda besar berwarna coklat dengan dikelilingi ombak berwarna kehijauan.

Pada awal bulan Juni lalu, benda misterius tersebut dikira sebagai aneka macam makhluk misterius, mulai dari yang mistis seperti Kraken atau yang nyata namun telah punah seperti dinosaurus berleher panjang, Plesiosaurus. Namun benarkah benda misterius tersebut adalah benar seekor atau suatu monster laut yang besar ? Sayangnya tidak demikian.

Penampakan Asli Sang "Monster Laut"
Penampakan Asli Sang "Monster Laut"
(sumber: kompas.com)
Diungkapkan oleh seorang ahli biologi laut dalam, Andrew David Thaler, obyek aneh nan misterius tersebut sebenarnya adalah sejenis batu karang raksasa yang terdapat di lautan lepas yang umum dikenal sebagai "sail rock". Ditambahkan oleh Thaler, "andai saja orang-orang mau membuka peta lautan, maka mereka akan menyadari bahwa itu adalah sebongkah sail rock". "Di laut, bentuk batu tersebut mirip dengan kapal layar", ditambahkan lagi oleh Thaler dalam tulisannya di suatu blog ilmiah. Jadi dengan ini dapat dipastikan bahwa benda raksasa aneh nan misterius tersebut bukanlah suatu monster laut, melainkan batu karang raksasa yang terletak di lepas pantai.

Memang jamak adanya bahwa benda-benda aneh nan misterius yang terdapat dalam foto, baik yang diambil dari Bumi atau dari Mars, kerap dikira sebagai sesuatu penampakan sensasional, entah itu monster, alien, dan sebagainya. Namun kebenaran yang ada tidak selalu demikian dan tak ada kebenaran yang tak diragukan.

[diolah dari berbagai sumber]

Tickerbar

KumpulBlogger