Thursday, 19 May 2016

Pekerjaan Itu Harusnya Menyenangkan

Pekerjaan atau bekerja itu seharusnya menyenangkan, begitu saya pernah beberapa kali mendengar dan/atau membaca. Namun apakah benar setiap pekerjaan itu menyenangkan ? Atau mungkin dengan kata lain, apakah ada pekerjaan yang benar-benar menyenangkan ? Saya pikir semua itu relatif. Jika seseorang memang begitu mencintai atau memiliki passion di suatu bidang, maka hampir dapat dipastikan bahwa ketika dia dapat bekerja di bidang tersebut bekerja baginya akan terasa menyenangkan. Akan tetapi, apakah benar pula bahwa ketika seseorang sudah bekerja di bidang yang sesuai dengan kecintaan atau passion yang dimiliki, bekerja itu akan benar-benar menyenangkan ? Rasanya belum tentu juga. Yang namanya bekerja itu tentu akan ada tidak enaknya juga yang bisa disebabkan karena berbagai hal seperti lingkungan kerja, budaya kerja, maupun tuntutan pekerjaan yang seolah tak ada habisnya. Ya bekerja memang tidak selalu menyenangkan, bahkan di bidang yang kita cintai sekalipun, akan tetapi penting juga untuk memiliki atau menciptakan perasaan menyenangkan dalam bekerja, sebab hal itu akan turut mempengaruhi kinerja kita di pekerjaan. Seperti kata Om Richard Branson di bawah ini.

Petuah Richard Branson
Petuah Richard Branson (sumber: id.wantedly.com)

Akan tetapi, jika memang Anda sudah merasa bosan dengan pekerjaan Anda atau sedang mencari pekerjaan yang mungkin Anda pikir atau yakini sebagai pekerjaan yang menyenangkan, beberapa macam pekerjaan di bawah ini Anda jadikan alternatif.
1.    Professional Sleeper alias Tukang Tidur Profesional
     Sesuai dengan namanya, jika kita bekerja di bidang ini, maka kita akan diminta untuk benar-benar tidur. Pekerjaan ini kemungkinan besar disediakan oleh perusahaan yang memproduksi kasur, bantal, bed cover, maupun perusahaan atau lembaga yang bergerak di bidang penelitian yang khususnya berhubungan dengan penelitian di bidang kesehatan. Konon katanya, di Amrik sana, pekerja di bidang bisa mendapatkan bayaran rata-rata USD 31 Ribu. Menyenangkan ?
2.    Video Game Tester
      Bagi yang suka main video game, tentu ini bisa jadi pekerjaan yang sangat diidam-idamkan dan pasti sangat menyenangkan. Kita akan dibayar hanya untuk bermain game serta memberikan pendapat kita mengenai setiap game yang kita mainkan. Menurut info, rata-rata penghasilan pekerja di bidang adalah Rp. 777 Juta per tahun. Menarik bukan ?
3.    Vacation Tester atau Penguji Tempat (Wahana) Wisata
   Bagi yang senang jalan-jalan, traveling, melancong, atau apalah istilah atau sebutannya, pekerjaan bisa jadi sangat cocok dan sangat menyenangkan. Kenapa gitu ? Karena kita dibayar untuk jalan-jalan, mengunjungi serta mencoba berbagai lokasi wisata atau wahana wisata, ya keliling-keliling dan melancong kesana kemari, semacam itulah. Bayaran untuk pekerjaan ini sendiri belum diketahui pasti besarannya, tapi minimal kita bisa jalan-jalan gratis ke berbagai tempat. Lumayan kan ?

Daftar lengkap dari pekerjaan-pekerjaan unik nan menyenangkan lainnya dapat dilihat disini. Sekian dan semoga bermanfaat. Selamat bersenang-senang di pekerjaan Anda.

Tickerbar