Thursday, 19 May 2016

Mengapa Baterai Smartphone Android Cepat Habis ?

Apakah baterai smartphone (handphone) Android kita cepat habis ? Apakah dikarenakan oleh baterai sudah drop atau usang ? Bisa saja itu sebabnya, namun tidak selalu juga karena masalah baterai. Mari simak artikel ini untuk mengetahui bersama penyebab lain mengapa baterai smartphone Android kita cepat habis.

Facebook Logo
Facebook (sumber: google.com)
Ternyata, tanpa disangka penyebab lain mengapa baterai smartphone Android kita cepat habis adalah karena beberapa aplikasi tertentu yang kita install di dalamnya. Nah, mau tahu daftar aplikasi apa saja yang boros sumber daya baterai ? Cek beberapa daftar di bawah ini.
  1. Facebook
  2. Path
  3. 9GAG Funny Pics & Videos
  4. Instagram
  5. Spotify Music
  6. BBM

Daftar tersebut di atas diperoleh dari sumber terpercaya yaitu lembaga (perusahaan) anti virus AVG. AVG melakukan survei dengan cara mengumpulkan data lebih dari 1 juta pengguna aplikasi AVG untuk Android sepanjang kuartal ketiga 2014. Adapun aplikasi yang dijadikan bahan untuk survei adalah aplikasi-aplikasi yang memiliki jumlah total unduhan lebih dari 1 juta unduhan di Google Play Store. Namun menurut saya pribadi metode survei yang dilakukan masih kurang valid atau bagus, akan tetapi bagaimanapun juga hasil yang ada sepertinya memang benar. Ada yang pernah menyadari atau tidak bahwa ketika aplikasi Facebook dijalankan (termasuk di background) baterai smartphone terasa cepat sekali habis ? Saya merasakannya. Begitu pula ketika aplikasi BBM sedang berjalan.

Untuk daftar lebih lengkap dari aplikasi yang membuat smartphone Android boros sumber daya baterai serta tips-tips yang dapat digunakan untuk lebih menghemat atau mencegah pemborosan baterai, silakan simak disini. Semoga bermanfaat.

Tickerbar

KumpulBlogger