Wednesday 18 May 2016

Ucapan Frasa ‘Aku Sayang Kamu’ Dalam Beberapa Bahasa Daerah di Indonesia

Kita semua sudah umum mengetahui bahwa negara kita Indonesia merupakan negara yang terkenal amat kaya akan keanekaragaman budaya, bahasa, agama, dan sebagainya. Hampir dapat dipastikan setiap daerah, bahkan yang satu propinsi sekalipun dapat memiliki budaya, bahasa, maupun hal-hal yang lain yang walaupun serupa tapi tidak seratus persen sama. Nah, tulisan ringkas kali ini akan mencoba membahas atau mungkin menyebutkan suatu frasa yang umum kita gunakan atau akrab terdengar yaitu ‘Aku Sayang Kamu’ dalam beberapa bahasa daerah di negara kita. Yuk disimak !

Aku Tresno Karo Kowe
Merupakan bentuk lain dari frasa ‘Aku Sayang Kamu’ dalam bahasa Jawa yang umum digunakan di berbagai daerah di Jawa Timur maupun Jawa Tengah seperti di Malang, Solo, Yogyakarta, dan daerah-daerah lain.

Loen Galak Ngon Gata
Frasa ini umum digunakan oleh masyarakat atau orang berada di Aceh, Palembang, dan Jambi.

Aku Galak Samo Kamu
Masyarakat Palembang ternyata juga memiliki frasa lain untuk menyatakan ‘Aku Sayang Kamu’. Frasa ini juga digunakan oleh warga masyarakat Padang dan Minang.

Abi Bogoh Ka Anjeun
Frasa ini digunakan di beberapa daerah seperti Tasikmalaya, Banyuwangi, dan Bandung.

Mau tahu frasa-frasa lain yang menyatakan ungkapan serupa ? Masih ada sebelas frasa lain untuk menyatakan ‘Aku Sayang Kamu’ dalam berbagai bahasa daerah. Silakan disimak lebih jauh disini. Barangkali ada yang memiliki pacar yang berasal dari daerah yang berbeda supaya kelihatan lebih keren. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger