Wednesday 3 February 2010

KERJA SAMA TIM

Kata-kata ini merupakan salah satu kata-kata yang ada dalam rumusan yang terbaik menurut salah satu pelatih sepakbola terbaik dunia, Jose Mourinho. Dia adalah mentor terbaikku sampai saat ini. Dia secara tidak langsung mengajariku semangat untuk selalu menjadi yang terbaik dan menjadi seorang bintang. Dia orang yang sangat disiplin dan terkadang terkesan egois, namun akibat sikap disiplinnya tersebut dia benar-benar menjadi salah satu pelatih terbaik dunia dalam usia yang masih muda untuk ukuran seorang pelatih.

Sekitar satu bulan terakhir, aku mulai teringat kembali akan salah satu prinsip suksesnya yaitu kerja sama tim. Mourinho mengatakan bahwa untuk menjadi yang terbaik dibutuhkan empat elemen yaitu keyakinan, kerja keras, semangat, kerja sama tim. Mourinho mungkin sadar bahwa seyakin apapun seseorang akan dirinya sendiri, sekeras apapun seseorang bekerja, sesemangat apapun seseorang menjalani hidupnya, namun jika dia tidak mampu bekerja sama dengan baik dalam sebuah tim, orang tersebut tidak akan pernah meraih sukses atau menjadi yang terbaik. Seandainyapun dia tetap menjadi yang terbaik, orang tersebut tidak akan pernah menjadi sangat baik atau sangat sukses. Hal inilah yang akhir-akhir ini menghantui pikiranku. Aku disadarkan bahwa selama ini aku kurang mampu bekerja sama dengan baik dengan semua anggota timku. Aku masih harus belajar banyak mengenai arti kerja sama tim, sebab aku sebagai pemimpin memiliki tugas menyatukan seluruh anggota timku. Oleh sebab itu aku harus belajar untuk menjadi orang yang mampu bekerja sama dalam tim.

Pemimpin adalah orang yang jadi acuan para orang-orang yang dipimpinnya, oleh karena itu jika pemimpinnya tidak mampu bekerja sama dengan baik, pasti demikian pula anggota timnya. Menjadi acuan itu sangatlah berat, tapi itu sudah menjadi tanggung jawabku sebagai seorang pemimpin dan aku yakin aku mampu menjalankannya dengan sebaik mungkin. Aku yakin anggota timku akan mampu bekerja sama dengan baik pula, seperti halnya aku bisa bekerja sama dengan baik. Semoga aku mampu menjalankan tugas-tugas kepemimpinanku dengan lebih baik lagi. Aku masih banyak belajar dan berlatih agar dapat menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dan dahsyat lagi, sehingga anggota timku dapat mengikuti jejakku. Viva teamwork spirit !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger