Wednesday, 3 February 2010

KEPERCAYAAN

Kepercayaan, merupakan salah satu hal yang penting dalam hubungan antar manusia, khususnya dalam hubungan antar rekan satu tim atau bahkan dalam hubungan keluarga. Tanpa kepercayaan atau rasa saling percaya satu sama lain, tidak akan ada sebuah hubungan yang berjalan dengan baik dan langgeng. Hanya dengan berlandaskan rasa saling percaya saja suatu hubungan dapat terus berjalan, tanpa peduli halangan apapun yang menghadang.

Dengan kepercayaanlah, kita dapat mempercayai bahwa rekan satu tim kita atau teman-teman kita tidak akan menipu kita, tidak akan mengkhianati kita, tidak akan berbuat jahat kepada kita. Hanya dengan kepercayaanlah, seorang yang sedang menjalin hubungan dengan orang lain atau berpacaran mengijinkan pacarnya pergi kemanapun tanpa khawatir bahwa pacarnya itu akan tergoda oleh pria atau wanita lain, dengan kepercayaan pula seseorang akan percaya bahwa pacarnya tidak akan melakukan hal-hal yang tidak baik. Begitu pula dalam hubungan berkeluarga, hanya dengan berlandaskan kepercayaan antar sesama anggota keluarga, sebuah keluarga akan berkembang menjadi keluarga yang harmonis dan saling mengasihi satu sama lain, dalam keluarga ini tidak ada hal yang ditutup-tutupi.

Kepercayaan juga akan menjadikan seorang pemimpin memiliki pengikut. Sebab seseorang tidak akan pernah mengikuti seseorang lain yang tidak dipercayainya. Karena seseorang tidak dapat dipercayai, baik sikap maupun ucapannya, tidak akan pernah bisa menjadi seorang pemimpin yang baik bagi setiap orang.

Sekarang kita tahu betapa pentingnya kuasa kepercayaan, namun untuk kepercayaan dari orang-orang itu tidaklah mudah. Kita butuh upaya ekstra untuk membuat orang-orang percaya kepada kita. Kita butuh memperlihatkan ketulusan yang benar-benar tulus kepada orang tersebut dan kita perlu memperlihatkan bahwa kita menghargai orang tersebut. Kita butuh memperlihatkan bukti-bukti bahwa kita adalah orang yang sama dalam perbuatan maupun ucapan. Seseorang akan lebih percaya kepada orang-orang yang perbuatan dan ucapannya sesuai.

Sampai disini, kita seharusnya sadar bahwa untuk memperoleh sebuah kepercayaan dari orang lain itu tidaklah mudah. Namun ternyata ada hal yang lebih sulit lagi dibanding sekedar memperoleh kepercayaan dari orang lain, yaitu mempertahankan kepercayaan yang telah kita terima dari orang lain. Setiap orang yang telah terlanjur percaya kepada kita akan selalu berusaha untuk mempercayai kita, sampai ada hal yang membuat dia benar-benar tidak percaya lagi kepada kita. Suatu hal yang telah benar-benar membuat orang yang percaya kepada kita merasa dikecewakan atau merasa ditipu. Memang hal itu mungkin tampak sederhana, namun hal sederhana yang terlalu diremehkan akan menjadi masalah besar. Masalah besar yang timbul dari hal-hal yang telah membuat orang yang percaya kepada kita merasa dikecewakan atau ditipu akan mengakibatkan dia tidak percaya lagi kepada kita. Seseorang yang awalnya percaya kepada kita dan akhirnya berubah menjadi tidak percaya, akan lebih sulit untuk kembali percaya kepada kita. Oleh sebab itu kita harus berusaha keras untuk membuat orang-orang yang percaya kepada kita tetap terus percaya.

Jadi intinya kepercayaan adalah suatu hal yang harus ada dalam segala macam hubungan yang ada antar manusia. Membuat orang-orang lain untuk percaya kepada kita itu tidaklah mudah, namun mempertahankan kepercayaan orang-orang kepada kita jauh lebih sulit. Jagalah dengan sungguh-sungguh kepercayaan yang telah setiap orang berikan kepada kita dengan baik melalui menjaga setiap sikap, perbuatan, dan tingkah laku kita yang benar dihadapan semua orang. Selamat memperoleh dan mempertahankan kepercayaan.

Tickerbar

KumpulBlogger