Saturday 18 June 2016

Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor

Foto sebelum donor darah
Foto sebelum donor darah
Sebelum tahun 2009, saya sama sekali tidak pernah mendonorkan darah. Benar, tahun 2009 adalah tahun pertama saya melakukan donor darah untuk pertama kali. Waktu itu, kampus di tempat saya kuliah sedang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah bersama. Saya yang waktu itu sedang menjabat sebagai ketua salah satu kegiatan mahasiswa di kampus merasa tergerak dan sekaligus sedikit terpaksa untuk donor darah. Dikatakan sedikit terpaksa karena memang saya belum pernah donor sama sekali dan di dalam imajinasi saya donor darah itu menyakitkan serta mengerikan karena darah diambil dalam jumlah yang cukup banyak serta menggunakan jarum yang ukurannya termasuk besar.
Foto setelah donor darah
Foto setelah donor darah


Namun sejak tahun 2009, terlebih lagi sejak tahun 2015, saya menjadi semakin senang berdonor darah. Saya senang dan antusias untuk rutin donor darah setelah mengetahui manfaat yang dapat saya terima sebagai pendonor. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini beberapa manfaat yang dapat kita terima sebagai pendonor darah:

  • Melindungi jantung. Pendonor darah aktif memiliki resiko hingga 88% lebih rendah untuk terkena penyakit atau serangan jantung.
  • Menurunkan resiko terkena kanker. Kemungkinan terkena kanker cenderung semakin menurun seiring konsistensi seseorang dalam mendonorkan darah. Beberapa penyakit kanker yang dapat dihindari seperti kanker paru-paru, lambung, tenggorokan, dan juga usus besar.
  • Membantu menurunkan kadar zat besi dalam darah. Menurunnya kadar zat besi dalam tubuh mengurangi resiko terkena serangan jantung, sebab zat besi mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh yang dapat berdampak tidak baik bagi arteri.
  • Sel darah diperbarui secara rutin. Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi dalam 48 jam pasca donor darah. Dengan adanya sel darah baru tubuh akan tampak lebih segar dan menjadi lebih sehat.
  • Pemeriksaan kesehatan serta analis darah secara gratis. Ketika kita mendonorkan darah, sebelum darah yang telah kita donorkan benar-benar diterima, Palang Merah Indonesia akan memeriksa sampel darah kita yang turut diambil saat donor untuk memastikan darah kita memenuhi syarat sebagai darah donor. Otomatis kita akan tahu pula kondisi kesehatan tubah kita.
  • Mendapatkan kesempatan untuk bertemu serta memperoleh penghargaan dari kepala daerah hingga kepala negara jika kita telah mencapai jumlah donor tertentu. Ini pula yang saya incar serta menjadi salah satu motivasi saya untuk rutin donor darah.
Itulah beberapa manfaat donor darah yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat serta menambah wawasan kita semua. Selamat berdonor darah.

Dikutip dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger