Tuesday, 14 June 2016

10 Jenis Buah Kurma Paling Populer Sedunia

Bulan Puasa identik dengan sesuatu yang manis-manis, khususnya sebagai bagian dari sajian berbuka puasa. Kurma adalah satu buah yang sangat terkenal pada bulan puasa dan sering dijadikan sebagai bagian dari takjil. Seperti halnya buah pada umumnya, kurma pun memiliki banyak varian yang jumlahnya dapat mencapai ratusan varian atau macam. Dari ratusan varian tersebut, ternyata ada 10 varian yang paling digemari oleh masyarakat dari berbagai negara di dunia. Mari kita simak bersama-sama.

Thoory
Biasa disebut pula sebagai Thuri, kurma ini merupakan varian kurma yang terkenal di Aljazair. Kurma Thoory dikenal sebagai varian kurma yang kering serta memiliki warna cokelat kemerahan dan apabila diawetkan warnanya akan berubah menjadi kebiruan. Buah ini memiliki kulit yang sangat keriput. Memiliki daging buah yang cukup keras dan rasa yang manis serta ada sentuhan rasa kacang. Buah ini cukup tahan lama untuk disimpan serta banyak dijumpai di Indonesia.

Khidri
Jenis kurma ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diisi dengan beragam isian seperti coklat, almond, dan sebagainya. Memiliki warna merah tua dan bertekstur kering serta kenyal. Rasanya tidak begitu manis jadi cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki beragam cita rasa.
Kurma Amer Hajj
Kurma Amer Hajj (sumber: detik.com)
Amer Hajj
Varian kurma ini dikenal di Irak. Memiliki daging tebal dan tekstur lembut serta kulit tipis. Kurma ini biasanya disebut pula sebagai “the visitor’s date” karena kerap disajikan oleh masyarakat Irak untuk para tamu yang datang ke rumah mereka.

Ajwa
Sering disebut-sebut sebagai kurma nabi. Berwarna hitam gelap, kurma ini hanya tumbuh di Madinah. Kurma ini memiliki tekstur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis.


Kurma Zaghloul
Kurma Zaghloul (sumber: detik.c)

Zaghloul
Kurma ini memiliki warna merah tua dan bentuknya panjang menyerupai melinjo. Biasa disajikan sangat garing. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula yang sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Ciri khas tersebut menjadikan kurma ini sangat eksklusif di Mesir dan oleh karena itu harganya tergolong mahal.

Sekkeri
Berwarna cokelat gelap, memiliki daging buah yang lembut dan rasa manis yang khas. Ciri khas tersebut membuat kurma yang memiliki bentuk hampir bulat ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lain.


Mozafati
Banyak tumbuh di Provinsi Kerman, Iran. Kurma ini kerap dijuluki kurma bam. Masyarakat setempat sering mengkonsumsinya ketika masih segar. Apabila disimpan pada suhu minus lima derajat Celsius, buah ini dapat bertahan hingga dua tahun. Warna yang gelap dan ukuran yang sedang membuat kurma ini memiliki cita rasa manis dan daging yang lembut.
Kurma Deglet Noor
Kurma Deglet Noor (sumber: detik)

Deglet Noor
Berwarna kuning keemasan, kurma Deglet Noor merupakan varietas unggul yang sangat terkenal di wilayah Libya, Tunisia, Algeria, dan Amerika. Arti nama kurma ini adalah cahaya karena memang warna buahnya menyerupai warna sinar matahari. Rasa kurma ini tidak terlalu manis.

Sekki
Warna varian kurma ini cukup unik, kuning di bagian atas, kecoklatan di bagian bawah. Daging buah yang berwarna kuning teksturnya sedikit lebih keras dibandingkan daging yang berwarna kecoklatan. Cita rasa kurma jenis ini tidak terlalu manis.

Khalasah
Varian kurma ini terkenal di Arab Saudi karena tingkat kemanisannya yang tidak terlalu tinggi sehingga banyak disukai. Kurma ini juga kerap disebut dengan khlas dan banyak tumbuh di bagian timur Arab Saudi.

Itulah 10 jenis varian kurma paling terkenal dan digemari di seluruh dunia. Apakah ada yang pernah mencoba seluruh varian tersebut ? Saya sendiri belum pernah. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. Tetap semangat dalam menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

Tickerbar

KumpulBlogger