Wednesday, 15 June 2016

Akhir Riwayat Yahoo! Messenger

Logo Aplikasi Pesan Instan Yahoo! Messenger
Logo Aplikasi Pesan Instan Yahoo! Messenger (sumber: google)

Yahoo! Messenger ? Siapa yang tak tahu layanan aplikasi pesan instan yang sangat populer dari Yahoo! ini. Sebagian besar dari kita mungkin pernah dan masih menggunakannya untuk beragam kebutuhan atau keperluan. Layanan pesan instan ini memang masih sangat populer ditengah serbuan dan gempuran dari berbagai macam aplikasi pesan instan lainnya. Yahoo! Messenger memang termasuk pesan instan aplikasi ‘senior’ yang sudah ada sejak tahun 1998 atau sekitar 18 tahun yang lalu.
Aplikasi Yahoo! Messenger pertama kali dirilis pada 9 Maret 1998 dengan nama Yahoo! Pager. Yahoo! Messenger (YM) merupakan layanan pesan instan pertama yang memperkenalkan fitur “Buzzing” dan status musik. Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan YM adalah Yahoo! Chat yang merupakan sebuah ruang chatting online gratis khusus bagi pengguna layanan tersebut. Kemunculan Yahoo! Chat diumumkan pada 7 Januari 1997. Adapun Yahoo! Chat pada akhirnya dijadikan sebagai salah satu fitur yang terdapat pada Yahoo! Pager pada saat diluncurkan. Seiring dengan perjalanan waktu, Yahoo! melengkapi layanan tersebut dengan beragam fitur baru seperti call, voicemail, berbagi file, plugin, hingga webcam. Layanan ini juga terus berevolusi seiring perjalanan waktu dengan fitur-fitur yang semakin bagus dan lengkap.
Evolusi terbaru dan mungkin sangat mengejutkan adalah keputusan yang dikeluarkan Yahoo! baru-baru ini untuk menutup salah satu layanan paling populernya tersebut. Ya, benar, Yahoo! telah membuat pengumuman secara resmi untuk menutup layanan YM dan menggantinya dengan layanan baru yang diklaim lebih menarik serta hadir dengan beragam fitur dan tampilan yang lebih baik. Sebagai bagian dari upaya untuk menutup layanan YM, Yahoo! menghimbau seluruh pengguna YM yang masih aktif untuk segera beralih ke layanan messenger terbaru mereka paling lambat pada tanggal 5 Agustus 2016, sebab pada tanggal itu YM akan resmi ditutup. Sejak tanggal itu pula, seluruh layanan YM, baik yang digunakan secara langsung melalui aplikasi ataupun melalui third party tidak akan bisa diakses.
Sebagai ganti dari layanan YM yang ditutup, Yahoo! merilis suatu aplikasi messenger baru dengan fitur yang lebih menarik dan komplit. Layanan tersebut dilaporkan akan memiliki tampilan yang lebih smooth, fitur unggah foto resolusi tinggi, serta dapat menarik pesan yang telah terkirim dan hadir pula fitur ‘likes’ serta unggah gambar GIF. Layanan baru tersebut sudah tersedia mulai sekarang dan bisa di download di toko aplikasi Google Play Store atau App Store atau bisa pula diakses melalui browser di alamat messenger.yahoo.com.
Ditutupnya layanan aplikasi YM oleh Yahoo! juga pada akhirnya membuat kita sadar bahwa tak ada yang abadi di dunia ini. Bahkan layanan yang amat populer bisa ditutup atau dimatikan untuk digantikan dengan layanan baru yang dianggap lebih baik. Persaingan yang ketat dengan beragam penyedia layanan pesan instan lain diyakini yang membuat Yahoo! akhirnya memutuskan untuk menutup YM serta mengembangkan suatu pengganti yang lebih baru dan lebih baik agar tetap dapat bersaing di pasar. Akhir kata, Selamat Tinggal Yahoo! Messenger.

Tickerbar