Tuesday, 21 June 2016

Alasan Mengapa Ngupil Bisa Sebabkan Kematian

Terlalu Asyik Ngupil Bisa Sebabkan Kematian
Terlalu Asyik Ngupil Bisa Sebabkan Kematian
(sumber: www.google.com)
Setiap dari kita pasti pernah melakukan aktivitas yang satu ini, ngupil. Siapa sih yang tidak pernah atau tidak suka ngupil ? Rasanya semua pernah ngupil dan bahkan mungkin ada yang hobinya ngupil. Ngupil memang memiliki manfaat untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada rongga hidung yang sudah mengering. Kotoran itu harus dibersihkan secara teratur supaya tidak mengganggu pernapasan. Jadi kalau kita jarang ngupil atau membersihkan kotoran hidung, dampak kurang baiknya adalah kotoran yang terdapat di dalam rongga hidung akan menyebabkan iritasi dan gatal pada hidung. Pasti tidak nyaman bukan ?

Namun jika kita tidak waspada atau hati-hati, ngupil atau membersihkan kotoran hidung justru dapat menyebabkan kematian. Mengapa bisa demikian ? Mari kita simak beberapa penyebabnya di bawah ini:
  1. Jari tangan yang penuh dengan bakteri dan virus yang kita gunakan untuk ngupil dapat menjadi penyebab flu atau bahkan penyakit pernafasan kronis lain. Mestinya kita semua sadar bahwa jari tangan kita dapat menjadi media yang paling berpotensi membawa virus serta penyakit. Bagaimana bisa seperti itu ? Setiap kali kita melakukan aktivitas, jari-jari tangan kita pasti terlibat di dalamnya, entah itu menulis, menggunakan handphone, mengambil uang, dan lain sebagainya. Nah, kebiasaan memasukkan jari tangan ke hidung tanpa terlebih dahulu mencucinya sampai bersih sangat memungkinkan kita terkena virus flu yang melewati selaput lendir yang masuk ke hidung. Gejalanya adalah gatal pada tenggorokan serta bersin-bersin.
  2. Bakteri yang dibawa oleh jari-jari tangan kita dapat pula menyebabkan infeksi. Semakin sering kita ngupil semakin besar pula kemungkinan bakteri dapat menyebar ke dalam tubuh kita. Maka dari itu, kita perlu mencuci tangan sebelum melakukan apapun.
  3. Terlalu sering ngupil dapat menyebabkan mimisan, apalagi jika kegiatan ngupil dilakukan dengan penuh semangat sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan cederanya lapisan pada hidung. Lapisan pada hidung ini penting karena berfungsi sebagai perlindungan bagi tubuh terhadap benda asing. Mimisan dapat menyebabkan rongga hidung rentan terkena iritasi dan infeksi.
  4. Bulu hidung akan mudah rontok. Jika kita terlalu sering ngupil, bulu hidung akan lebih mudah untuk rontok. Tentu saja, ini suatu hal yang amat disayangkan, sebab fungsi bulu hidung sangat penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Jadi tanpa bulu hidung dalam jumlah yang memadai, segala jenis penyakit dan infeksi akan lebih mudah masuk dalam tubuh.
  5. Nah, ini yang paling berbahaya di antara semua daftar di atas. Keseringan ngupil bisa menyebabkan kematian. Mengapa bisa demikian ? Sebab di dalam rongga hidung terdapat tulang Ethmoid yang memisahkan hidung dari otak. Jika kita terlalu asyik dan bersemangat dalam membersihkan hidung serta tidak berhati-hati, maka secara langsung maupun tidak langsung, kita dapat menusuk bagian tulang tersebut. Jika bagian tulang tersebut sampai tertusuk, maka cairan yang terdapat di otak dapat bocor dan sebagai akibat lanjutannya dapat menyebabkan penyakit meningitis. Penyakit meningitis sendiri dapat dipicu oleh bakteri dan virus yang masuk melalui jari-jari tangan kita. Penyakit meningitis inilah yang dapat menyebabkan kematian karena radang yang terjadi pada otak.
Itulah beberapa hal yang dapat terjadi apabila kita terlalu sering atau asyik ngupil tanpa memperhatikan kebersihan jari-jari tangan kita. Saya jadi teringat ada suatu artikel yang memberi anjuran bahwa ngupil atau membersihkan kotoran hidung sebaiknya dilakukan bersamaan saat kita mandi yang kemungkinannya adalah jari-jari tangan kita sudah pasti lebih bersih dan bebas bakteri serta virus. Mari kita berusaha untuk menjaga kesehatan diri kita sendiri mulai dari sekarang. Semoga bermanfaat.

[dari berbagai sumber]

Tickerbar