Tuesday 27 September 2016

Benarkah Menjadi Seorang Pengusaha Itu Mudah ?

Benarkah Menjadi Seorang Pengusaha Itu Mudah ?
Benarkah Menjadi Seorang Pengusaha Itu Mudah ? (sumber: www.google.com)
Selama beberapa tahun terakhir seminar-seminar dan pelatihan-pelatihan wirausaha maupun cara menjadi pengusaha semakin banyak dan merajalela. Seminar-seminar maupun pelatihan-pelatihan tersebut rata-rata (meskipun tidak semua) memberikan iming-iming bahwa menjadi seorang pengusaha itu mudah. Acara-acara tersebut memang rata-rata ditujukan untuk memotivasi orang-orang agar mau dan berani menjadi seorang pengusaha. Namun yang patut kita semua tanyakan, benarkah menjadi seorang pengusaha itu mudah ?

Tulisan kali ini bisa dianggap sharing dan sekaligus curhatan saya pribadi yang juga menjadi "korban" dari seminar-seminar maupun pelatihan-pelatihan wirausaha tersebut. Saya sudah cukup lama mengikuti acara-acara seputar wirausaha, jika saya tidak salah ingat dimulai dari sekitar tahun 2008 atau 2009. Acara-acara seputar wirausaha itu pula yang semakin mendorong dan menguatkan keinginan serta tekad saya untuk menjadi seorang pengusaha. Ditambah lagi pula membaca cerita-cerita (baca: kisah-kisah) para pengusaha sukses dari buku, media cetak, maupun media online, maka semakin berkobarlah semangat untuk menjadi seorang wirausahawan.

Akan tetapi, benarkah menjadi seorang pengusaha itu mudah ? Acara-acara seputar wirausaha tersebut umumnya sering mengungkapkan atau menyampaikan bahwa menjadi seorang wirausahawan atau pengusaha itu mudah. Memang benar, menjadi seorang wirausahawan atau pengusaha itu mudah. Yang tidak mudah adalah tetap bertahan dan sukses menjadi seorang wirausahawan atau pengusaha. Banyak tantangan yang harus dihadapi. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipraktekkan. Banyak hal misteri yang perlu dipecahkan. Banyak anak tangga menuju kesuksesan yang perlu didaki.

Jadi, benarkah menjadi seorang pengusaha itu mudah ? Benar mudah, cukup mengatakan saya seorang pengusaha, maka sejak saat itu pula secara resmi kita sudah menjadi pengusaha. Tapi menjadi sukses di bidang usaha yang kita pilih tidaklah semudah yang kita bayangkan atau pikirkan. Banyak tangisan, perjuangan, dan hal-hal lain yang tidak selalu menyenangkan yang harus dihadapi dalam perjalanan menjadi seorang pengusaha sukses. Hal itu pula yang saya rasakan setelah menjadi seorang pengusaha.


Saya memulai menjadi seorang pengusaha sekitar tahun 2009 dengan pertama kali menerima pekerjaan freelance di bidang pembuatan software yang sesuai dengan bidang studi yang saya jalani di bangku kuliah. Saya mengawalinya seorang diri dengan berpromosi di internet, menjadi pekerjaan atau project, dan akhirnya menerima serta mengerjakan project tersebut sampai tuntas. Saya bekerja keras seorang diri dan tanpa rekan kerja. Kadang dan bahkan sering kali malam-malam saya masih "online" untuk menyelesaikan project yang ada. Sampai suatu ketika saya mulai mendapatkan rekan kerja. Rekan kerja yang saya maksudkan adalah rekan kerja yang bersedia mengerjakan project dari saya secara outsource. Adanya mereka cukup membantu dan mengurangi beban kerja saya sehingga tidak semua hal harus saya pikirkan dan kerjakan sendiri. Namun apakah dengan adanya rekan kerja lantas membuat menjadi seorang pengusaha itu mudah ? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Masih banyak yang harus dipikirkan dan dikerjakan supaya usaha yang dijalani dapat terus bertumbuh menjadi lebih baik dan lebih besar.

Sejak tahun 2015 yang lalu, saya bersama beberapa kawan membangun atau mendirikan sebuah perusahaan (PT) untuk mengerjakan serta mengembangkan produk software. Tampak keren memang memiliki sebuah perusahaan atau PT. Tapi apakah benar-benar keren ? Memang sih, minimal ada sedikit yang bisa dibanggakan karena sudah memiliki perusahaan sendiri. Tapi dibalik itu semua, masih banyak perjuangan, keringat, dan air mata yang perlu dicurahkan untuk membuat perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang sukses. Perjuangan yang tidak bisa dilihat hasilnya dalam waktu singkat. Butuh waktu, entah berapa lama, sampai perusahaan tersebut dapat menjadi perusahaan yang sukses dan memiliki pendapatan yang memadai serta terus bertumbuh.

Itulah sharing saya secara singkat mengenai menjadi seorang pengusaha berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jadi, benarkah menjadi seorang pengusaha itu mudah ? Silakan masing-masing pembaca menyimpulkan sendiri berdasarkan apa yang sudah saya tuliskan di atas atau kalian juga dapat menyimpulkan berdasarkan pengalaman kalian sendiri yang telah dan sedang terjun secara langsung menjadi seorang pengusaha. Sekian dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger