Sunday 19 June 2016

Air Alkali (Alkali Water)

Air Alkali merek Liquo8
Air Alkali merek Liquo8 (sumber: dok. pribadi)
Tulisan ini merupakan versi Bahasa Indonesia dari tulisan sebelumnya Alkali Water. Tulisan ini saya buat agar mereka yang tidak terlalu paham Bahasa Inggris dapat ikut memahami maksud dari tulisan ini. Semoga tulisan ini benar-benar bermanfaat.
Saya menulis artikel ini karena beberapa hari lalu saya secara tidak sengaja membeli sebotol air mineral. Harga air mineral tersebut Rp. 4.900,00. Awalnya saya sempat berpikir kalau harga tersebut cukup mahal, akan tetapi setelah saya mengetahui bahwa air mineral tersebut bukan air mineral biasa melainkan air alkali (alkali water), saya berubah pikiran dan menganggap harga tersebut masih cukup wajar. Merek air mineral tersebut adalah Liquo8. Saya tidak mengetahui apa sebenarnya air alkali itu, jadi saya mencoba googling untuk mencari tahunya dan menemukan website dari air mineral yang saya beli tersebut serta beberapa website lain yang membahas mengenai alkali dan air alkali.
Website pertama yang saya buka tentu saja website dari air mineral yang saya beli. Saya menemukan beberapa penjelasan mengenai apa sebenarnya air alkali itu, namun sebelum mengetahui lebih jauh, saya tentu juga perlu mengetahui apa itu alkali. Jadi saya mencoba membuka halaman wikipedia mengenai topik tersebut. Berikut ini definisi alkali menurut wikipedia, “dalam ilmu kimia, alkali adalah suatu garam ionik basa dari suatu unsur kimia logam alkali atau elemen kimia logam yang berasal dari bagian bawah bumi yang bersifat alkaline. Alkali juga dapat didefinisikan sebagai suatu zat bersifat basa yang larut dalam air.” Kata alkali diturunkan dari kata dalam bahasa Arab al qaliy yang bermakna abu terkalsinasi yang mengacu ke sumber asal dari substansi alkaline.
Itulah definisi kata alkali (untuk mengetahui lebih lengkap definisi atau penjelasan tersebut, silakan buka wikipedia). Nah, jadi apakah air alkali itu ? Air alkali atau air alkaline atau air minum alkali adalah air mineral yang memiliki level pH (power of Hydrogen) diatas 8. Tingginya level pH di dalam air alkali menyebabkan air alkali bersifat lebih basa dibandingkan air mineral biasa. Sifat basa tersebut membuat air alkali memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah menyeimbangkan kadar keasaman tubuh kita. Suatu air dengan sifat basa seperti halnya air alkali dapat membantu untuk menetralisir kadar keasaman di dalam darah. Hal tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen dan juga energi tubuh kita. Fakta menyebutkan, 80 persen dari makanan serta minuman yang kita konsumsi setiap hari menghasilkan molekul-molekul asam, sehingga dengan mengkonsumsi air alkali yang memiliki sifat basa dapat membantu tubuh kita untuk tetap sehat, sebab air alkali membantu menyeimbangkan kadar keasaman tubuh kita.

Itulah yang dapat saya bagikan mengenai alkali dan juga air alkali. Semoga artikel dan bahasan ringkas ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger