Sunday, 19 June 2016

LinkedIn Resmi Diakuisisi Microsoft, Berapa Yang Di Dapat Reid Hoffman Sebagai Co-Founder ?

Jeff Weiner (CEO LinkedIn), Satya Nadella (CEO Microsoft, dan Reid Hoffman (Co-Founder dan Chairman LinkedIn)
Jeff Weiner (CEO LinkedIn), Satya Nadella (CEO Microsoft, dan Reid Hoffman
(Co-Founder dan Chairman LinkedIn)
(sumber: techcrunch.com)
Seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelum ini mengenai Microsoft Akuisisi LinkedIn, maka artikel kali ini masih sedikit berhubungan dengan posting sebelum tersebut. Microsoft disebutkan mengakuisisi LinkedIn senilai USD 26,2 Miliar atau sekitar Rp. 348 Triliun. Namun adakah yang pernah tahu atau minimal bertanya, berapakah uang yang diterima oleh Reid Hoffman sebagai Chairman, Co-Founder, dan pemilik saham individu terbesar di LinkedIn ? Semoga tulisan kali ini dapat membuat kita semua tahu berapa total dana atau uang yang diperoleh oleh Reid Hoffman sebagai hasil penjualan LinkedIn ke Microsoft. Mari menyimak bersama.
LinkedIn yang merupakan situs jejaring sosial khusus untuk para profesional baru saja diakuisisi oleh Microsoft, adapun keseluruhan prosesnya diperkirakan baru akan selesai pada akhir tahun 2016 ini. LinkedIn didirikan oleh lima orang yaitu Reid Hoffman, Allen Blue, Konstantin Guericke, Eric Ly, dan Jean-Luc Vaillant pada 14 Desember 2002 dan diluncurkan pertama kali pada 5 Mei 2003. Sebagai salah seorang pendiri dan sekaligus chairman LinkedIn, Reid Hoffman, dilaporkan masih memiliki sekitar 14,7 juta lembar saham tipe B saat Microsoft mengakuisisi LinkedIn. Dengan harga per lembar saham LinkedIn saat akuisisi terjadi oleh Microsoft senilai USD 196, maka diperkirakan ketika seluruh proses akuisisi ini selesai, Reid Hoffman, akan mengantongi  uang sebesar USD 2,88 Miliar atau sekitar Rp. 38 Triliun. Hoffman memang merupakan pemegang saham individual terbesar di LinkedIn, jadi wajar saja apabila dia menerima sekitar 10,99% dari total dana yang dibayarkan atau dikeluarkan Microsoft untuk mengakuisisi LinkedIn. Penjualan LinkedIn ke Microsoft juga telah mendapatkan persetujuannya.
Dengan menjual seluruh saham yang dimilikinya, maka hampir dapat dipastikan bahwa Hoffman tidak akan lagi menduduki jabatan atau posisi strategis lagi baik di LinkedIn maupun Microsoft. Hoffman saat ini diketahui memiliki pekerjaan purna waktu sebagai partner luar dari perusahaan investasi Greylock Partners yang memiliki portofolio di sejumlah perusahaan lain seperti Airbnb, One Kings Lane, dan Xapo.

[dikutip dari berbagai sumber di internet]

Tickerbar

KumpulBlogger