Sunday 10 October 2010

Ketua Pekan Kampus 2009, sebuah pengalaman memimpin yang nyata dan akan sangat kuhargai

Seorang pemimpin selalu ditopang oleh timnya

Jabatan Ketua Pekan Kampus 2009 adalah sebuah posisi yang kuincar sejak tahun 2007, sebuah posisi yang memang kuharapkan akan menjadi puncak dari segala kerja yang kulakukan di keorganisasian mahasiswa di kampus. Persiapan demi persiapan, baik kecil maupun besar, selalu kulakukan sejak impian tersebut muncul di kepala. Semua kulakukan demi membuat impian tersebut menjadi nyata. Semua kulakukan supaya terbukti bahwa aku tidak hanya bisa bermimpi, tetapi juga mau serta berani berkorban untuk suatu hal yang benar-benar aku impikan.
Kini setelah semua itu berlalu, tepatnya setelah lebih dari enam bulan seluruh tanggung jawabku sebagai seorang pemimpin selesai, aku mulai menyadari betapa berharganya jabatan yang pernah aku pegang tersebut. Dari pengalaman selama menjadi ketua, aku mendapatkan kesempatan serta pelajaran yang nyata mengenai kepemimpinan. Ternyata semua hal yang sudah kusiapkan sebelum aku mendaftar sebagai calon ketua dipraktekkan serta diuji selama aku memimpin. Dan ternyata aku juga menemukan bahwa ada hal-hal tertentu yang belum aku praktekkan dengan baik. Selain itu ada pula pelajaran-pelajaran baru yang aku temukan selama dan setelah aku menjabat.

Dari semuanya itu aku sadar bahwa pengalaman menjadi ketua tersebut adalah pengalaman sungguh sangat berharga. Suatu pengalaman yang akan menjadi bagian dari sekian banyak pengalaman lain yang sudah pernah kuperoleh. Pengalaman yang sungguh istimewa, sebab selama menjabat sebagai ketua diriku benar-benar diuji. Bahkan cukup banyak hal-hal yang diluar dugaanku atau tidak pernah kubayangkan sebelumnya. Hal-hal yang diluar perkiraan tersebut ternyata cukup merepotkanku, sempat aku dibuat bingung memikirkannya. Tapi di lain sisi aku juga bersyukur bahwa aku boleh mengalaminya, sebab dari situ aku tahu seperti apa rasanya menjadi seorang ketua atau pimpinan.
Kini, aku sedang mempersiapkan diriku untuk sebuah impian lain yang ingin aku raih di masa depan, sebuah jabatan yang aku yakin tidak akan kalah seru dibanding jabatan Ketua Pekan Kampus. Ya, aku bermimpi suatu saat nanti aku ingin menjadi pimpinan tertinggi atau CEO atau Direktur Utama dari sebuah perusahaan yang besar. Aku berharap bahwa perusahaan yang akan aku pimpin di masa depan adalah perusahaanku sendiri. Saat ini aku sudah membuat suatu usaha, namun belum resmi dan belum aku buat detail sistem kerjanya serta belum membuat produk yang diluncurkan ke pasar. Guna mendukung impian menjadi pimpinan puncak suatu perusahaan, di waktu yang aku miliki aku manfaatkan untuk belajar dari pengalaman memimpin yang sebelumnya, dari buku-buku, maupun dari cerita para CEO perusahaan di Indonesia maupun luar negeri yang aku temukan di Internet maupun koran, majalah, tabloid, dan sebagainya.
Sebagai seorang calon CEO, aku perlu memiliki sikap mau mendengar dan mau belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah pernah maupun sedang menjabat sebagai pimpinan puncak suatu perusahaan, baik perusahaan besar maupun kecil. Aku belajar cara mereka mengelola seluruh aspek dalam perusahaan, termasuk karyawan, produk, strategi bisnis, hubungan dengan semua orang dalam perusahaan, budaya kerja, dan banyak hal lain yang dapat aku pelajari. Aku juga belajar bahwa menjadi pemimpin itu bukan cuma sekedar untuk bergaya atau pamer jabatan, melainkan juga memiliki tuntutan tanggung jawab untuk menjadikan organisasi apapun yang dipimpinnya berhasil meraih target atau tujuan atau visi yang sudah ditetapkan. Aku bersyukur dapat belajar segelintir pelajaran yang sangat berharga dari para pemimpin perusahaan tersebut. Semoga saja di masa depan semua apa yang aku pelajari dapat benar-benar berguna seandainya aku benar-benar menjadi seorang pemimpin perusahaan.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger