Wednesday 29 September 2010

POLA PIKIR YANG SAYA GUNAKAN KETIKA SAYA BEKERJA DI ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI KAMPUS

Tulisan ini merupakan sedikit sharing dari apa yang pernah saya kerjakan ketika masih aktif di organisasi kemahasiswaan di kampus. Cerita dalam tulisan adalah tentang pola pikir yang saya gunakan sehingga saya dikenal sebagai salah satu orang yang selalu beres ketika diberi tanggung jawab menyelesaikan pekerjaan apapun. Pola pikir yang membantu untuk menjadi salah satu orang yang diharapkan untuk dapat bekerja di organisasi-organisasi tersebut.
Pola pikir yang saya gunakan sebenarnya sederhana saja, yaitu saya mengasumsikan seolah-olah saya dibayar ketika bekerja di organisasi tersebut, maka saya harus bekerja sebaik mungkin ketika berada di dalamnya. Jadi saya mengkondisikan diri saya seolah-olah saya adalah profesional yang bekerja demi mendapatkan bayaran. Dalam kondisi yang sebenarnya memang saya dibayar, meskipun bayaran bukan berupa uang melainkan berupa poin yang mengukur keaktifan setiap mahasiswa selama di kampus. Namun bagaimanapun juga saya telah dibayar, jadi saya harus bekerja sebaik mungkin yang saya dapat.
Pola pikir seperti itu tidaklah sia-sia. Meskipun harus menunggu selama dua tahun lebih, akhirnya saya dapat juga mewujudkan impian untuk naik ke puncak yang tertinggi. Suatu posisi yang saya upayakan melalui melakukan hal-hal kecil dengan baik. Akhir-akhir ini saya semakin sadar bahwa ketika kita melakukan perkara yang kecil, sederhana, bahkan mungkin kesannya mudah dan remeh, tetapi ketika kita melakukannya dengan segenap hati dan dengan upaya yang terbaik yang dapat kita berikan, suatu saat semuanya itu tidak akan sia-sia. Akhirnya saya sadar bahwa ketika kita memberikan yang terbaik, maka hasil yang terbaik pula yang akan kita peroleh. Hasil terbaik tinggal menunggu waktu untuk benar-benar berada di genggaman tangan kita, yang kita perlukan hanyalah sedikit bersabar dalam menjalani prosesnya sampai waktu yang tepat bagi kita untuk memperoleh yang terbaik sesuai dengan yang kita harapkan.
Jadi mari kita semua selalu berusaha menanamkan pola pikir ini dalam diri kita, ketika kita melakukan yang terbaik maka kita akan meraih hasil yang terbaik pula dan memang kita berhak untuk itu. Namun satu hal juga yang kita perlu ingatkan pada diri kita adalah kita jangan melulu menuntut hak, tetapi kita juga harus lakukan kewajiban kita yang sebaik mungkin. Semoga sharing ini berguna !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger