Monday 28 June 2010

MASAKU SUDAH HABIS, SEKARANG SAATNYA YANG MUDA

Konsep ini sebenarnya adalah konsep yang sudah umum ada dalam organisasi, namun untuk aku pribadi sebagai anggota dari cukup banyak organisasi di kampusku, aku baru menyadari sekitar beberapa bulan terakhir. Yang tua sudah berlalu, dan yang baru sudah datang itulah yang aku sadari. Aku pertama kali masuk kuliah pada tahun 2005 dan sekarang sudah tahun 2010, artinya sudah lima tahun aku berkuliah dan sudah mendekati masa-masa akhir untuk lulus dari kuliah. Hal itulah yang membuatku sadar bahwa sudah saatnya yang muda bertugas.
Aku juga akhirnya sadar bahwa sudah bukan saatnya lagi bagiku untuk terus berjuang di kampus, sudah saatnya adik-adikku yang lebih muda menggantikan aku (dan teman-teman seperjuanganku yang seangkatan). Sudah saatnya mereka yang lebih muda, lebih fresh untuk berjuang bagi kampus. Sudah saatnya mereka semua yang muda berkecimpung di dalam organisasi-organisasi yang ada untuk memajukan setiap organisasi tersebut sekaligus untuk memperoleh pengalaman yang berharga untuk masa depan mereka sendiri. Saranku bagi semua adalah agar mereka semua mencoba semua yang dapat dicoba selagi mereka masih muda dan memperoleh pengalaman sebanyak mungkin yang akan berguna bagi masa depan mereka. Pengalaman baik berbuat salah maupun benar, yang dapat mereka jadikan pelajaran bagi kehidupan mereka sendiri serta dapat mereka bagikan ke yang lain.

Benar, yang tua-tua seperti aku serta kawan-kawan seperjuangku sudah saatnya digusur dari semua organisasi yang ada. Sudah saatnya kita semua digantikan oleh mereka semua demi berlangsungnya regenerasi yang bagus di setiap organisasi yang ada di kampus. Regenerasi harus dilakukan sedini mungkin dan sebaik mungkin selagi yang tua-tua masih ada agar mereka yang tua-tua dapat melengkapi serta mempersiapkan mereka-mereka yang masih muda. Aku sendiri sedang berpikir bagaimana sebaiknya melengkapi yang tepat sehingga mereka tidak melakukan apa yang menjadi keinginan yang tua-tua, melainkan mereka berkreasi dengan cara mereka sendiri untuk menghasilkan yang terbaik namun tetap terarah.
Sejauh ini yang terpikir padaku mengenai melengkapi hanyalah membagi pengalaman demi pengalaman yang pernah aku dapatkan agar mereka semua belajar dari pengalaman yang ada, supaya mereka tidak berbuat kesalahan yang sama lagi atau mereka dapat memperbaiki apa yang sudah baik. Konsep melengkapi ini aku pelajari dari seorang pelatih kepemimpinan kelas dunia, John C. Maxwell, dan aku sedang berusaha untuk lebih memahaminya dan kemudian menerapkannya dengan sangat baik dalam setiap kehidupan organisasi yang sudah aku jalani, sedang aku jalani, dan yang nantinya akan aku jalani.
Akhir kata, selamat berjuang orang-orang muda. Berikan perjuangan yang terbaik yang kalian dapat untuk kampus kita. Sukses buat kalian semua !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger