Friday 2 July 2010

MENGAPA KITA BUTUH TIM ?

Sejak sekitar tiga hari yang lalu aku membaca sebuah buku berjudul “Building Leaders the West Point Way”. Sebuah buku yang mengajarkan konsep-konsep kepemimpinan dari sudut pandang para tentara, khususnya jenderal-jenderal angkatan darat Amerika Serikat. Sebuah buku yang bagus menurutku, namun tulisan ini tidak akan membahas banyak tentang buku tersebut tapi lebih kearah apa yang sudah aku dapatkan dari buku tersebut.
Bab pertama buku tersebut membahas tentang tugas. Pada bab tersebut dipaparkan semua hal terkait tugas para kadet atau taruna angkatan darat Amerika Serikat yang sedang dipersiapkan untuk menjadi para perwira angkatan darat. Satu pelajaran yang bagus dari bab tersebut adalah mengenai komunitas atau tim. Ternyata di angkatan darat Amerika Serikat diajarkan bahwa salah satu tugas yang diemban oleh para kadet atau calon perwira angkatan darat adalah untuk hidup dalam komunitas atau tim. Mereka diajarkan bahwa kehidupan dalam tim atau komunitas melatih jiwa kepemimpinan mereka, sebab melalui hidup dalam tim seseorang belajar untuk menekan kepentingan dirinya sendiri dan mendahulukan kepentingan tim atau komunitasnya.

Dari hal itu aku mendapatkan suatu inspirasi mengenai betapa pentingnya suatu komunitas atau tim. Aku menjadi sadar bahwa melalui komunitas kita belajar untuk menerima orang lain yang berbeda dengan kita, belajar untuk saling mendukung satu sama lain ketika ada yang lemah atau terjatuh, belajar untuk tidak mementingkan kepentingan diri sendiri dan lebih mendahulukan kepentingan komunitas, belajar untuk menjaga kekompakan dalam tim, belajar untuk tahu kapan harus bertindak seperti apa dan harus tidak bertindak seperti itu. Sungguh pelajaran-pelajaran tersebut merupakan pelajaran yang sangat penting bagi orang sepertiku yang masih ingin bertumbuh menjadi individu serta pemimpin yang lebih baik dan bagi orang yang cukup egois sepertiku. Aku benar-benar disadarkan bahwa setiap orang bisa jatuh atau lemah dalam setiap perjalanan hidupnya, dan kita butuh orang-orang dalam komunitas kita untuk menopang kita atau memberikan semangat kepada kita. Aku disadarkan bahwa setiap anggota komunitas perlu untuk saling mengerti satu sama lain agar kekompakan, keindahan, serta keharmonisan dalam tim dapat terus terjaga sehingga tim tersebut dapat terus menjalankan fungsinya dengan maksimal.
Sungguh, pelajaran-pelajaran tersebut menamparku dengan sangat keras sehingga aku semakin disadarkan akan pentingnya tim atau komunitasku, tidak hanya untuk mendukungku namun juga agar aku dapat saling mendukung dengan anggota komunitas yang lain. Aku juga disadarkan bahwa terkadang aku masih ingin memakai cara-caraku sendiri serta memaksakan untuk menerapkannya ke dalam komunitas atau timku. Sungguh pelajaran yang luar biasa bagi orang-orang yang masih kurang dapat menyatu dengan orang lain atau orang-orang yang egois. Tim atau komunitas adalah mereka-mereka yang akan menjadi saudara selain saudara kandung kita yang akan menopang kita ketika kita lelah atau lemah serta membangkitkan atau menolong kita ketika terjatuh. Dari sini pula aku menyadari bahwa ungkapan “manusia adalah makhluk sosial” itu benar adanya dan tidak dibuat-buat. Sungguh manusia tidak akan pernah dapat hidup sendiri, mereka butuh komunitas atau tim untuk saling bergaul dan saling menguatkan. Really appreciate this very good lesson !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger