Friday, 4 February 2011

TaskMgr ?

TaskMgr atau Windows Task Manager, siapa yang tidak kenal atau tidak pernah mendengar nama ini ? Para pengguna komputer, baik laptop maupun PC, pasti pernah mendengar nama tool asli bawaan Windows ini. Tool ini ada di hampir semua versi Windows (setau saya sih, kalau salah mohon diingatkan hehehe…) dan pasti sebagian besar dari kita pernah atau bahkan sangat sering menggunakannya untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari (ya kebutuhan kita sudah bertambah bukan lagi sandang, pangan, dan papan saja, tapi juga kebutuhan untuk menggunakan komputer untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas kita).
TaskMgr memang merupakan tool bawaan asli Windows, namun tidak seperti software atau tool bawaan Windows lainnya, misal Notepad, Media Player, atau Paint yang mungkin saja tidak terlalu diperlukan, TaskMgr ini mutlak diperlukan oleh semua pengguna Windows, khususnya mereka yang sudah berpengalaman(tapi bukan berarti yang tidak berpengalaman tidak membutuhkan lho…). Dengan menggunakan tool ini, kita dapat ‘mematikan’ (sadis banget ya kesannya ?) proses-proses yang ada di dalam komputer kita yang sedang tidak kita inginkan untuk berjalan pada waktu-waktu tertentu. Kita dapat ‘mematikan’ proses-proses yang memakan resource atau sumber daya yang besar yang dapat mengganggu kestabilan jalannya sistem. Kita dapat pula mematikan proses-proses yang benar-benar tidak kita inginkan, khususnya proses-proses yang membahayakan keamanan sistem kita seperti virus, worm, dan trojan.
Melihat begitu pentingnya peranan TaskMgr bagi komputer Windows, maka tidaklah salah jika banyak pembuat virus, worm, maupun trojan berupaya mematikan atau menghentikan atau menghalangi kita untuk memanggil tool ini saat kita membutuhkannya. Sebagian besar virus maupun worm yang ada selalu berupaya mencegah kita untuk menjalankan tool ini agar proses-proses utama milik virus atau worm tersebut tidak dapat kita ketahui dan matikan. Adakah dari kita yang pernah mengalami kejadian dimana TaskMgr tidak dapat kita jalankan ? Yang pernah mengalami pasti tahu betapa tidak enaknya hal itu, sementara yang belum pernah coba saja bayangkan kalian seperti seorang ksatria yang kehilangan senjata utama kalian atau tidak dapat menggunakan senjata tersebut karena suatu alasan tertentu. Saya sendiri pernah mengalaminya dan untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa tahun yang lalu saya membuat suatu program sederhana yang dapat mengaktifkan kembali TaskMgr yang telah dimatikan oleh virus maupun worm. Awalnya, saya hanya gunakan program tersebut untuk keperluan saya sendiri, namun sejak beberapa hari lalu saya putuskan untuk membaginya dengan semua orang secara gratis. Program buatan saya tersebut dapat di download di alamat link ini http://www.filesonic.com/file/69521885/Enable_Taskmgr_-_Regedit.rar. Semoga saja program sederhana yang saya berikan ini dapat membantu kalian untuk mengatasi satu permasalahan kecil yang terjadi di komputer Windows kalian. Semoga bermanfaat !

Tickerbar