Friday, 7 January 2011

Time Value of Money

Saya mulai mengetahui istilah ini sejak sekitar beberapa bulan yang lalu. Istilah ini merupakan istilah yang sering dipakai di dunia bisnis, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan dan investasi. Setiap orang yang bekerja di bidang keuangan serta investasi pasti akan sering sekali mendengar istilah ini diucapkan oleh kolega mereka maupun oleh diri mereka sendiri.
Time value of money merupakan bahasan yang sering saya baca dalam artikel-artikel yang saya jumpai di internet maupun media cetak yang berkaitan dengan nilai ekonomis dari aset atau barang yang kita miliki maupun untuk menyatakan nilai dari uang yang kita miliki. Istilah tersebut merupakan suatu istilah yang ditujukan untuk menyatakan nilai dari uang atau barang yang kita miliki saat ini di suatu waktu di masa depan. Bagi orang yang berkecimpung di bidang keuangan dan investasi pasti sudah mengetahui hal ini, namun bagi yang tidak berkecimpung di bidang tersebut ada kemungkinan belum mengetahuinya.
Nilai uang atau barang yang kita miliki saat ini dapat menyusut nilainya pada suatu di masa depan. Penyusutan nilai tersebut dipengaruhi oleh nilai inflasi di negara tempat kita tinggal yang biasanya selalu naik setiap tahun. Jadi, andaikan kita saat ini memiliki uang yang bernilai 10 juta, maka belum tentu dua atau tiga tahun ke depan nilai uang tersebut tetap 10 juta, bisa jadi nilai uang tersebut menurun menjadi hanya 9 juta atau bahkan 8 juta saja. Penyusutan nilai uang yang kita miliki saat ini di suatu waktu di masa depan biasanya tampak dalam barang atau jasa apa yang mampu dibeli oleh nilai uang yang kita miliki. Sebagai contoh, untuk saat ini, uang 10 juta Rupiah dapat kita manfaatkan untuk membeli sepeda motor baru. Namun dalam waktu 5 tahun ke depan nilai uang tersebut belum tentu juga dapat kita gunakan untuk membeli sepeda motor baru. Itulah salah satu contoh dari penyusutan nilai uang yang kita miliki dalam kaitannya dengan inflasi yang terjadi di negara tempat kita tinggal.
Istilah time value of money ini memang adalah istilah yang berasal dari dunia bisnis, namun beberapa hari yang lalu saya terpikir mengenai suatu makna yang berbeda dari istilah ini. Makna yang saya maksud berbeda dengan makna asli dari istilah ini. Saya mendefinisikan istilah time value of money ini bukan sebagai nilai uang yang kita miliki saat ini di suatu waktu di masa depan, melainkan mengenai nilai dari setiap waktu yang kita miliki dalam hidup. Saya terpikir untuk menggunakan istilah ini dalam kaitannya dengan berapakah harga setiap waktu yang miliki ? Berapakah harga setiap detik, menit, maupun jam yang ada dalam hidup kita ?
Tanpa saya sadari sebelumnya, terkadang mungkin kita semua menggunakan setiap waktu kita untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Terkadang atau bahkan mungkin sering kita semua memanfaatkan setiap waktu yang kita miliki untuk hal-hal yang tidak memberikan manfaat apapun kepada diri sendiri maupun orang disekeliling kita. Manfaat tersebut tidak harus uang, tetapi bisa dalam waktu apapun. Seringkali kita lupa untuk mencoba menghitung berapakah harga dari setiap waktu yang kita sia-siakan dalam hidup hanya untuk mengerjakan hal-hal yang kurang bermanfaat. Kita seolah-olah menilai rendah sekali waktu yang kita miliki dalam hidup kita, padahal sebenarnya nilai waktu tersebut sangat tinggi sekali, jauh lebih tinggi dari apapun yang ada dalam hidup kita.
Memang tidak semua dari kita tidak memanfaatkan waktunya dengan baik, cukup banyak juga beberapa dari kita yang sudah sadar mengenai betapa berharganya waktu yang mereka miliki dalam hidup sehingga mereka menerapkan harga untuk setiap waktu yang mereka miliki dalam hidup. Kita menemukan para pekerja di bidang hiburan yang menerapkan tarif untuk waktu yang mereka habiskan untuk menghibur orang lain baik melalui layar kaca maupun melalui penampilan langsung di suatu acara tertentu. Para pembicara seminar juga menetapkan tarif untuk waktu yang mereka sediakan untuk memberikan nilai tambah bagi orang-orang yang menghadiri seminarnya. Dari kedua contoh tersebut serta dari beberapa contoh lain yang saya temukan, akhirnya saya disadarkan kembali mengenai betapa berharganya waktu yang kita miliki hingga cukup banyak orang yang menetapkan tarif untuk setiap waktu yang mereka habiskan dalam hidup mereka setiap hari.
Semoga semua ilustrasi maupun contoh yang saya berikan di atas dapat menyadarkan kita semua mengenai betapa berharganya waktu yang kita miliki dalam hidup. Semoga sejak sekarang kita tidak lagi menyia-nyiakan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat. Mari, kita mulai belajar untuk menghitung tarif dari setiap waktu yang kita miliki dalam hidup.

Tickerbar

KumpulBlogger