Wednesday 8 December 2010

Tantangan Yang Tepat


Bertahun-tahun yang lalu, salah satu pelatih atau manajer sepak bola favorit saya, Jose Mourinho, pernah mengucapkan kalimat ini, ‘hidup tanpa tantangan itu tidak menarik’. Namun, setelah beberapa hari yang lalu saya mendengarkan pengajaran tentang mimpi pada acara Natal di gereja tempat saya beribadah dan setelah merenungkan kembali kalimat dari pelatih favorit saya tersebut, saya memperoleh kata yang lebih tepat untuk menggantikan kata ‘tantangan’ yaitu ‘tantangan yang tepat’. Maka, kalimat yang pernah diucapkan oleh pelatih favorit saya tersebut saya modifikasi sedikit sehingga berbunyi, ‘hidup tanpa tantangan yang tepat itu tidak menarik’.
Pertanyaannya, mengapa harus menggunakan kata ‘tantangan yang tepat’ dan bukannya tetap menggunakan kata ‘tantangan’ saja ? Sejauh pemikiran saya serta apa yang saya ketahui dan pelajari, setiap orang yang ingin berkembang atau menjadi lebih baik atau lebih hebat, harus bersedia menghadapi tantangan-tantangan yang akan memungkinkannya untuk mengembangkan diri atau mempelajari hal-hal baru. Setiap orang yang ingin bertumbuh dalam hal apapun harus bersedia menghadapi tantangan yang akan secara tidak langsung melatih serta mengembangkan kapabilitasnya sampai mencapai titik maksimum. Namun, bukan berarti karena setiap orang yang ingin bertumbuh perlu memiliki atau menghadapi tantangan, itu tidaklah berarti bahwa setiap orang menghadapi sembarang tantangan. Setiap orang yang ingin berkembang harus mengambil atau menghadapi tantangan di bidang yang tepat, dengan porsi yang tepat, serta di waktu yang tepat. Itulah yang akhirnya saya sadari serta berhasil simpulkan dari apa yang telah saya pelajari dan renungkan.
Setiap kita harus mengambil tantangan yang sesuai dengan keahlian kita atau yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki yang dapat kita gunakan untuk menjawab tantangan tersebut. Setiap kita perlu mengambil tantangan yang benar-benar menantang kita atau yang sesuai dengan passion kita. Setiap kita perlu mengambil tantangan yang melebihi kemampuan kita, tetapi masih dapat atau masih mungkin untuk kita jawab atau pecahkan. Setiap kita juga harus tahu waktu yang tepat untuk menjawab setiap tantangan. Sebagai contoh, seseorang tertentu merasa begitu tertantang untuk mampu menjual barang atau produk apapun sampai dapat mencapai target penjualan dalam jumlah tertentu, tetapi di lain pihak, ada orang lain yang lebih tertantang jika dia dapat membuat suatu program komputer yang hebat yang kemungkinan besar tidak mampu dibuat oleh banyak orang lain. Sebaliknya pula, ada orang yang lebih tertantang untuk menciptakan suatu karya sastra yang menawan daripada menciptakan program komputer yang terkesan rumit dan memusingkan. Itulah beberapa contoh yang dapat saya berikan perihal ‘tantangan yang tepat’. Mulai sekarang, marilah setiap kita belajar untuk mengetahui sendiri kadar tantangan yang benar-benar tepat bagi kita, bukan hanya sesuatu yang sekedar menantang melainkan yang benar-benar tepat.
Sekian dan semoga membantu. Bila Anda memiliki komentar tentang apapun yang saya tulis disini, silakan saja Anda tuliskan pada bagian komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger