Monday 6 December 2010

Prestasi


Prestasi atau perolehan atau achievement mungkin telah menjadi salah satu kata yang paling sering kita dengar atau bahkan mungkin kita ucapkan atau mungkin juga sesuatu yang telah melekat dalam diri atau hidup kita. Namun apakah makna dari kata ‘prestasi’ tersebut ? Menurut situs dictionary.com, prestasi atau achievement yang merupakan kata benda atau noun memiliki beberapa makna yaitu, sesuatu yang diselesaikan dengan kemampuan yang superior, upaya khusus, dan keberanian yang luar biasa; tindakan untuk memperoleh sesuatu, tindakan atau proses mencapai sesuatu, penyelesaian, atau pencapaian. Sementara itu Wikipedia mendefinisikan prestasi atau achievement sebagai accomplishment atau penyelesaian atau pencapaian, yang dijabarkan sebagai upaya untuk menyelesaikan sesuatu; kinerja total; pemenuhan (fulfillment); sesuatu yang lengkap, sempurna, terlengkapi sepenuhnya; sesuatu yang menyatakan keunggulan pikiran atau keelokan sikap yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan. Situs thefreedictionary.com memiliki beberapa definisi tentang prestasi yaitu, tindakan untuk memenuhi atau menyelesaikan sesuatu dan sesuatu yang berhasil diselesaikan dengan pengerahan tenaga, keahlian, praktik, atau kegigihan.
Itulah sederet definisi dari kata prestasi atau achievement yang saya peroleh di Internet. Sekarang, mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa saya menulis tentang prestasi ? Jawabannya sederhana saja, saya ingin mengubah pola pikir saya sendiri. Sebelumnya saya berpikir bahwa kemampuan itu lebih penting daripada sekedar nilai-nilai yang kita peroleh di bangku sekolah atau kuliah, upaya atau proses itu lebih penting daripada hasilnya, kerja keras itu lebih penting dibandingkan prestasi atau hasil-hasil yang diraih. Namun, akhirnya saya tersadar beberapa hal yang sangat berharga, untuk apa kita memiliki kemampuan atau skill jika kita tidak dapat membuktikan kemampuan melalui perolehan nilai-nilai yang bagus sebagai hasil belajar atau upaya keras kita di sekolah atau kuliah, untuk apa kita berupaya atau memiliki proses jika proses itu sendiri tidak mampu menghasilkan sesuatu yang baik atau bermanfaat, untuk apa bekerja keras jika kerja keras itu memberikan hasil apapun. Itulah sederet pemikiran atau kesadaran baru yang saya peroleh yang sedikit mengubah pemikiran atau lebih tepatnya melengkapi pemikiran terdahulu saya.
Kini, saya dan seharusnya juga kalian semua sadar bahwa jika kita mengatakan kita memiliki kemampuan, maka kita harus berupaya sebisa dan sebaik mungkin untuk membuktikan melalui nilai-nilai kita di sekolah atau kuliah bagi mereka yang masih menempuh studi, atau hasil-hasil kerja yang terbaik bagi mereka yang sudah bekerja. Kita tidak hanya harus berupaya dengan keras atau melalui proses yang benar saja, tetapi juga harus mampu memberi bukti atau hasil yang benar. Tidak mungkin kita berkata bahwa proses atau upaya kita sudah benar, jika hasil yang kita peroleh tidak benar. Kita juga tidak hanya boleh sekedar bekerja keras, tetapi juga harus memberikan hasil atau kualitas kerja yang nyata dari setiap tetes keringat atau upaya yang kita keluarkan, sebab jika kita hanya berkata bahwa kita telah bekerja keras atau berupaya yang terbaik namun tidak ada hasil yang dapat kita tunjukkan, sama saja omong kosong.
Apa yang saya ungkapkan di atas sebenarnya ‘menusuk-nusuk’ perasaan diri saya sendiri serta ‘menghantam’ pemikiran lama saya, sebab sebelumnya saya selalu terpikir tentang pentingnya proses, kerja keras, semangat, kemampuan, dan sebagainya dibandingkan dengan hasil-hasil atau nilai-nilai yang baik. Kini, saya sadar bahwa semua itu boleh dikatakan percuma juga jika tidak memberikan bukti nyata berupa suatu hasil yang juga luar biasa. Pemikiran terbaru saya ini bukan berarti untuk meremehkan atau merendahkan mereka yang tidak berprestasi atau tidak mampu meraih suatu hasil yang luar biasa, tetapi hanya sekedar untuk memberikan suatu pemahaman baru bagi kita semua bahwa jika ada upaya, maka seharusnya juga ada hasil yang dapat kita tunjukkan sebagai akibat dari upaya kita.
Sekian tulisan saya kali ini dan semoga tulisan saya kali ini dapat benar-benar mengubah atau memperlengkapi pola pikir saya sendiri khususnya dan mungkin juga pola pikir kalian yang secara sengaja ataupun tidak sengaja telah membaca tulisan ini. Mari kita semua berupaya yang terbaik dengan penuh ketekunan, semangat, serta kesungguhan untuk meraih hasil-hasil yang sebaik mungkin yang dapat kita raih. Mari coba berprestasi sebaik mungkin yang kita dapat, sebab hidup itu terlalu singkat atau sia-sia jika hanya sekedar untuk menghasilkan kualitas hidup yang biasa-biasa saja. Kita harus luar biasa !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger