Friday 29 January 2010

3 HAL UTAMA YANG MENJADI FOKUS PEMBELAJARAN

Sebenarnya sudah sejak sekitar 3 tahun yang lalu saya sangat menyukai sekali ketika harus belajar tentang ilmu pengetahuan. Saya tertarik tentang fisika, biologi, sejarah, bahasa, ekonomi, manajemen, dan sebagainya, selain tentu saja IT. Namun beberapa waktu yang lalu saya sudah memutuskan bahwa ada tiga ilmu utama yang akan saya pelajari. Ilmu-ilmu tersebut yang menurut saya akan sangat membantu saya di masa depan untuk meraih seluruh impian yang telah saya tetapkan.

Ketiga ilmu pengetahuan tersebut adalah IT, leadership, dan business. Saya memutuskan untuk belajar lebih banyak lagi bidang IT karena itu adalah bidang keilmuan yang sudah saya geluti selama 4,5 tahun terakhir di bangku kuliah. Saya benar-benar tertarik dan semakin tertarik akan bidang ilmu ini. Saya juga sudah memutuskan bahwa IT akan jadi bidang pekerjaan saya, sampai saya sudah merasa tidak punya minat atau ketertarikan lagi di bidang ini. Namun saya yakin bahwa saya akan terus tertarik pada bidang ini sampai kapan pun dan saya juga akan terus berusaha untuk menimbulkan ketertarikan yang lebih lagi pada bidang ini. Saya akan berusaha untuk mencari sisi-sisi menarik yang ada padanya. Bidang kedua adalah leadership. Bidang ilmu ini menarik hati saya sekitar 2,5 tahun yang lalu. Saya merasa bahwa ada sisi menarik dari kepemimpinan yang perlu dipelajari. Selain itu saya juga merasakan dan melihat bahwa ilmu ini adalah ilmu yang sangat vital peranannya dalam sebuah organisasi apapun. Maju atau mundurnya suatu organisasi ditentukan oleh seberapa baik pemimpinnya. Kedepannya saya juga punya impian untuk menjadi salah satu pemimpin terbaik dunia. Sebuah impian yang masih jauh, namun dengan segala upaya atau usaha yang saya lakukan sekarang, saya percaya suatu saat nanti impian itu akan tercapai.

Bidang ilmu yang terakhir adalah business. Ilmu bisnis menarik hati saya untuk mempelajarinya ketika saya pertama kali membaca buku tentang kisah perjalanan Google sejak pertama kali berdiri hingga menjadi perusahaan besar seperti sekarang. Dari kisah tersebut saya terinspirasi dan tertantang untuk memiliki suatu bisnis sendiri yang seheboh Google. Sekarang memang saya masih tergolong pemula untuk berbicara banyak mengenai bidang ini dan saya juga masih perlu banyak serta lebih banyak lagi belajar. Saya akan belajar dari para pebisnis-pebisnis hebat yang ada di Indonesia maupun diseluruh dunia. Saya akan timba ilmu sebanyak mungkin dari mereka semua.

Melalui gabungan ketika ilmu inilah saya akan mencoba menapaki masa depan dengan penuh percaya diri. Sebuah kepercayaan diri yang dibutuhkan sebagai salah satu elemen pendukung kesuksesan tiap individu. Ketiga ilmu utama inilah yang sejauh ini setelah saya renungkan dapat menjadi ketiga ilmu yang mendukung saya untuk menjadi individu yang lebih maksimal. Saya akan menggabungkan ketiganya dan memanfaatkannya secara maksimal untuk meraih impian saya di masa depan.

Seperti saya bilang diatas bahwa tergolong orang yang mencintai ilmu pengetahuan dan meskipun saya sudah menentukan tiga bidang ilmu utama yang akan saya pelajari, namun ketika ada kesempatan saya juga akan mempelajari bidang ilmu-ilmu lain yang saya gemari. Saya benar-benar merasakan indah dan nikmatnya mempelajari ilmu pengetahuan. Ada suatu rasa ingin tahu yang cukup luar biasa dalam diri ini dan saya tidak ingin kehilangannya, seperti yang Einstein katakan, “rasa ingin tahu punya alasan tersendiri untuk hadir, jangan pernah kehilangan rasa ingin tahu yang suci ini”. Ya begitulah sekilas tentang ilmu-ilmu pengetahuan yang saya sukai dan tiga ilmu utama yang sudah saya putuskan untuk jadi ilmu-ilmu utama yang menjadi fokus pembelajaran saya. Anda tentu saja mungkin memiliki ketertarikan ilmu yang sama dengan saya, namun mungkin juga berbeda. Apapun bidang ilmu yang Anda sukai, pelajarilah dengan sungguh-sungguh, sebab suatu saat ilmu itulah yang akan menjadi salah satu faktor pendukung kesuksesan Anda. Salam sang pembelajar !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger