Sunday 24 January 2010

WHAT IS MY MAIN INTERESTS ?

Apakah ketertarikan atau minat utamaku ? Mungkin saja ada beberapa orang yang bertanya-tanya mengenai hal ini, khususnya mungkin orang-orang yang berada disekitarku dan sering bekerja bersama denganku. Jika aku sendiri ditanyai mengenai minat atau ketertarikanku, aku akan menjawab bahwa minatku cukup banyak dan cukup sering berubah-ubah. Namun satu yang pasti ketertarikan utamaku adalah ilmu pengetahuan. Sudah sekitar tiga tahun terakhir aku sungguh tertarik akan cukup banyak ilmu pengetahuan, meskipun ketertarikan utamaku tetap adalah bidang ilmu komputer. Beberapa ilmu pengetahuan yang menarikku antara lain Fisika, Biologi, Sejarah, Ekonomi, Matematika, Komputer, Psikologi, Bahasa atau Sastra, dan beberapa ilmu pengetahuan lain.

Minat ini ditopang oleh beberapa kegiatan membaca buku-buku biografi ilmuwan, intelektual, tokoh-tokoh bidang ilmu pengetahuan atau penggemar ilmu pengetahuan. Beberapa kegiatan membaca tersebut semakin menambah atau mendorong semakin tingginya minatku akan ilmu pengetahuan, selain minat yang muncul dari dalam diriku sendiri. Kini atau tepatnya sekitar dua tahun terakhir aku juga mulai tertarik akan bidang pertunjukkan atau entertainment, seperti dance dan menyanyi. Jenis tarian yang sangat menarikku adalah hip-hop dance. Tarian ini pertama kali aku saksikan pada awal tahun 2008 lalu saat acara diklat senat mahasiswa di kampusku. Grup dance yang memiliki cerita yang luar biasa dibalik sejarah namanya dan juga cerita mengenai motto dari grup tersebut. Berawal dari menyaksikan performance dari grup dance tersebut, aku semakin tertarik untuk menikmati bidang dance khususnya hip-hop dance atau break dance.

Selain itu minatku untuk menulis juga terus berkembang semakin tinggi seiring dengan semakin seringnya pula aku membaca atau mendengar kisah-kisah orang-orang yang giat menulis. Hal tersebut menjadi motivator tersendiri bagiku sekaligus juga menjadi tantangan untuk bisa melahirkan karya tulis yang lebih berbobot yang menyamai bahkan suatu saat akan melebihi mereka. Memang saat ini hal tersebut belum terealisasi sepenuhnya, khususnya jika menyangkut karya tulis berbobot dalam bentuk artikel yang masuk ke surat kabar atau diterbitkan dalam bentuk buku. Namun suatu saat aku punya impian bahwa aku akan menerbitkan buku-buku hasil karya berpikirku yang kritis.

Jadi jawabanku seandainya aku ditanya apakah minat utamaku, maka aku akan menjawab ilmu pengetahuan, seni pertunjukkan, seni tulis, seni tarik suara, dan juga bidang filsafat atau pemikiran. Ya itulah sekilas tentang ketertarikanku. Yang pasti aku sungguh-sungguh tertarik untuk terus berkembang dan belajar sesuai dengan minatku tersebut. Jika boleh dibilang aku adalah pembelajar mandiri yang belajar tidak hanya di kampus atau sekolah saja, tetapi juga belajar setiap saat ketika ada kesempatan untuk belajar. Aku belajar tidak hanya ketika disuruh saja, tetapi benar-benar atas kesadaran sendiri untuk mengembangkan diri. Sebuah kesadaran untuk terus belajar yang suatu saat aku yakin semua kegiatan belajarku tersebut akan menopang untuk naik tingkat lebih cepat dalam setiap pekerjaan yang aku geluti di masa depan. Have a learner’s spirit !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger