Wednesday, 26 October 2016

Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ?

Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh
Ilustrasi: Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ?
Beberapa waktu lalu, saya menuliskan mengenai manfaat kafein yang belum pernah kita ketahui yang dapat dibaca disini. Sekarang saya akan kembali berbagi sesuatu yang masih berhubungan dengan kafein. Kenapa sekali lagi menulis mengenai kafein ? Pertama, karena sejak sekitar lima tahun yang lalu, saya mulai menyukai kafein terutama yang diperoleh dari kopi. Kedua, karena saya mengetahui manfaat kafein yang baik bagi tubuh manusia selama dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai. Semoga tulisan ini juga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kafein merupakan pembangkit energi yang sering kita konsumsi setiap hari, dalam berbagai macam bentuk, seperti kopi, teh, coklat, soda, maupun minuman berenergi. Saya yakin kita semua sudah tahu mengenai aneka macam minuman yang sebutkan tersebut. Namun mungkin tidak banyak diantara kita yang tahu dengan pasti berapa lama waktu yang diperlukan untuk kafein yang telah masuk ke dalam tubuh dapat bekerja dengan optimal. Pertanyaannya, Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh ? Ternyata, kafein akan mulai bereaksi atau bekerja secara optimal setelah kafein diserap masuk ke dalam darah dan jaringan. Proses kafein untuk dapat diserap oleh darah dan jaringan membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai satu jam sejak pertama kali dikonsumsi.

Kafein yang kita konsumsi mempengaruhi kinerja beberapa macam hormon atau saraf yang terdapat pada tubuh kita termasuk juga mempengaruhi kerja otak kita. Salah satu hormon atau saraf yang dipengaruhi oleh kafein adalah adenosin yang fungsinya kurang lebih seperti indikator baterai tubuh kita khususnya indikator dari kinerja otak. Kafein khususnya yang terdapat dalam kopi mampu memblok peringatan dari adenosin hanya dalam waktu sekitar 5 menit sejak dikonsumsi. Puncak dari kinerja kafein dimulai pada rentang waktu 15 menit sampai dua jam sejak dikonsumsi. Pada rentang masa tersebut, tubuh manusia akan mengalami peningkatan kewaspadaan sebagai akibat dari meningkatnya hormon adrenalin dan kortisol.

Jadi, secara ringkas dapat dikatakan bahwa kafein akan mulai mempengaruhi reaksi tubuh manusia dalam waktu 5 menit sejak pertama kali dikonsumsi dan akan mencapai puncaknya dalam rentang waktu 15 menit sampai dua jam setelah dikonsumsi. Itu pula sebabnya, saya pernah membaca sebuah artikel yang menganjurkan untuk kita beristirahat atau tidur segera setelah minum dan bangun sekitar satu jam kemudian supaya efek dari kopi dapat lebih maksimal. Demikian artikel ringkas mengenai Berapa Waktu Yang Dibutuhkan Kafein untuk Bekerja Dengan Optimal Dalam Tubuh. Semoga bermanfaat.

Tickerbar