Monday, 22 August 2016

Tanda-Tanda Kita Punya Kecerdasan Diatas Rata-Rata

Tanda-Tanda Kita Punya Kecerdasan Diatas Rata-Rata
Tanda-Tanda Kita Punya Kecerdasan Diatas Rata-Rata
(sumber: www.google.com)
Banyak orang sering menyamakan dan mengukur kecerdasan dengan kemampuan seseorang belajar atau menyerap pelajaran di sekolah, padahal hal itu tidak sepenuhnya tepat. Nilai-nilai dan peringkat di sekolah tak selalu bisa menunjukkan dengan tepat seberapa tinggi kecerdasan seseorang.

Kita semua mungkin pernah mendengar bahwa Einstein yang merupakan salah satu ilmuwan ternama dan paling berbakat di abad ke-20 ternyata mengalami kesulitan belajar di sekolah dan sempat dianggap sebagai anak bodoh. Thomas Alva Edison yang memiliki banyak sekali paten atas beragam penemuannya juga sempat diperlakukan dan dianggap sama seperti Einstein. Selain mereka berdua, banyak orang berbakat dan sukses lain yang memiliki kisah yang hampir sama.

Nah, agar tidak salah lagi dalam menilai atau memperlakukan seseorang, tidak ada salahnya kita pahami bersama tanda-tanda kita punya kecerdasan diatas rata-rata.

Gangguan Mental
Walaupun masih dianggap kontroversial, namun kaitan antara gangguan mental dan kecerdasan seseorang tak ada salahnya diperhatikan sebagai salah satu ciri atau tanda orang cerdas. Banyak orang berbakat di bidang sastra ternyata ternyata mengidap penyakit gangguan psikologi bipolar, diantaranya Emily Dickinson, Ernest Hemingway, dan Vincent Van Gogh.

Walaupun belum jelas kaitannya, namun ada satu teori yang menyebutkan bahwa protein spesifik yang berkaitan dengan memori dan rasa ingin tahu di otak tikus, ternyata juga terkait dengan gangguan bipolar dan skizofrenia pada manusia. Selain itu, kemampuan yang diperlukan untuk menyelesaikan soal matematika dan memproses informasi dengan cepat bisa membuat seseorang beresiko mengalami mania (kondisi fokus tinggi dan beraktivitas tanpa lelah yang sering dialami orang bipolar).

Bahasa Kurang Sopan
Orang umumnya beranggapan bahwa bahasa yang kotor dan tidak sopan cenderung menunjukkan tingkat pendidikan seseorang. Tetapi penelitian yang ada menunjukkan orang yang sering mengumpat ternyata cerdas. Mereka cenderung memiliki kosakata yang lebih banyak.

Berani Mengambil Resiko
Menurut penelitian pada tahun 2015 di Finlandia, seseorang yang terbuka pada tantangan baru dan tidak takut mengambil resiko cenderung punya kecerdasan lebih tinggi.

Kurang Aktif
Sifat pemalas memang tak akan membuat seseorang menjadi pintar, tetapi orang yang banyak berpikir tidak akan tertarik pada aktivitas yang terlalu banyak mengerahkan tenaga secara fisik seperti berolahraga. Hal inilah yang membuat kadang orang lain menganggapnya malas.

Anak Tertua
Urutan lahir ternyata juga dapat berpengaruh kepada kecerdasan seseorang. Anak Sulung cenderung memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding adik-adiknya. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh didikan yang lebih disiplin dari orang tuanya.

Pencemas
Orang yang senang memikirkan dan/atau merenungkan suatu situasi berulangkali, bisa jadi merupakan ciri-ciri kecerdasan.

Populer
Orang atau anak yang populer biasanya mampu membaca mampu membaca emosi dan kepribadian orang lain dengan baik. Keterampilan itu pula yang membuat orang yang cerdas lebih populer dibanding rekan-rekannya.

Tak Percaya Tuhan
Sebuah analisa terhadap 35 penelitian menemukan bahwa orang yang memandang dunia secara natural cenderung lebih cerdas dibanding orang yang religius. Selain itu mereka juga menganggap hal-hal yang berbau religius sebagai hal yang tak rasional karena tak dapat dibuktikan oleh sains.

Itulah tanda-tanda kita punya kecerdasan diatas rata-rata. Silakan diamati dan bandingkan dengan diri kita sendiri apakah ada diantara tanda-tanda tersebut yang kita jumpai pada diri sendiri maupun orang disekitar kita. Semoga bermanfaat.

[disadur dari kompas.com]

Tickerbar

KumpulBlogger