Monday, 25 July 2016

Maskapai Ini Unik, Pramugarinya Semua Pakai Helm !!!

Foto Pesawat Braniff Airways
Foto Pesawat Braniff Airways (sumber: www.detik.com)
Agar suatu bisnis dapat dikenal dan memperoleh pendapatan yang baik serta diharapkan dapat terus bertahan dalam waktu yang lama, mereka tentu harus dapat membuat atau memiliki suatu keunikan yang membedakannya dari para pesaingnya. Dahulu, ada suatu maskapai penerbangan yang berupaya membangun keunikan yang menjadi pembeda dibandingkan para pesaingnya. Maskapai tersebut bernama Braniff. Mau tahu apa keunikannya ? Mari kita simak bersama.

Mungkin tak banyak dari para wisatawan atau traveler masa kini yang pernah mengetahui maskapai penerbangan satu ini, Braniff. Maskapai yang bernama lengkap Braniff Airways didirikan oleh dua orang bersaudara, Thomas Elmer Braniff dan Paul R. Braniff, pada tahun 1930. Maskapai yang melayani rute penerbangan domestik di Amerika Serikat ini bermarkas di Dallas, Texas. Braniff Airways melayani beberapa rute penerbangan domestik ke kota-kota di Amerika Serikat seperti Oklahoma, Tulsa Wichita Falls, dan banyak kota lainnya. Seiring berjalannya waktu, maskapai ini akhirnya juga melayani rute-rute luar negeri, diawali dari rute-rute di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Latin, hingga akhirnya pada tahun 1970 mereka juga mulai merambah ke kawasan Asia.
Seragam Unik Pramugari Braniff Airways Dengan Helm Astronot
Seragam Unik Pramugari Braniff Airways Dengan Helm Astronot
Agar tetap dapat terus bersaing dengan maskapai-maskapai lain, baik lama maupun baru, Braniff Airways harus terus berinovasi dan membuat pembeda dengan maskapai lainnya. Salah satu inovasi unik dan berbeda yang mereka buat adalah pada seragam dari pramugarinya. Pada masa itu, umumnya seragam pramugari berupa dress panjang dengan jubah sehingga tampak modis. Demi menciptakan perbedaan, Braniff Airways mengontrak seorang perancang busana dari Italia bernama Emilio Pucci.
Foto Para Pramugari Braniff Airways
Foto Para Pramugari Braniff Airways
Emilio Pucci merancang dua macam seragam untuk pramugari Braniff Airways. Salah satunya dan yang merupakan seragam paling unik yang pernah dibuat serta digunakan oleh pramugari maskapai penerbangan dunia adalah seragam astronot. Seragam unik tersebut dirancang oleh desainer untuk memberi sentuhan yang unik dan berbeda. Setiap pramugari akan mengenakan jaket tebal, sarung tangan, dan penutup kepala berbentuk seperti helm astronot yang berlubang di bagian tengah. Walaupun seragam pramugari yang menyerupai seragam astronot tersebut dibuat sebagai pembeda dan sekaligus faktor keunikan tersendiri, namun seragam tersebut dibuat bukan tanpa alasan lain yang bermanfaat.
Pramugari Braniff Airways Dengan Seragam Helmnya Mengawasi Pengisian Bahan Bakar Pesawat
Pramugari Braniff Airways Dengan Seragam Helmnya Mengawasi
Pengisian Bahan Bakar Pesawat
Helm yang berlubang ditengah diciptakan sebagai aksesoris yang sekaligus berfungsi untuk membuat agar rambut para pramugari tidak berantakan saat bertugas. Sedangkan jaket tebal dan sarung tangan difungsikan sebagai pelindung serta penghangat badan para pramugari. Sebab, kala itu, pramugari bukan hanya bertugas di kabin pesawat, tetapi mereka juga bertugas untuk membantu mengecek pengisian bahan bakar pesawat.

Seragam rancangan Emilio Pucci tersebut ternyata sangat disukai oleh pihak maskapai Braniff Airways. Seragam pramugari yang dilengkapi helm tersebut benar-benar sesuai dengan ekspektasi mereka serta mampu menjadi faktor pembeda dengan semua maskapai lainnya. Seragam dengan helm tersebut memberikan sensasi serta pengalaman tak terlupakan kepada para penumpang selama mereka terbang bersama Braniff Airways.

Namun sayangnya, kini maskapai Braniff Airways sudah tiada. Krisis keuangan dan pemogokan karyawan memaksa mereka harus menutup seluruh operasionalnya pada tahun 1982. Dengan tiadanya maskapai tersebut, kini tidak ada lagi maskapai yang memiliki seragam pramugari yang seunik mereka, dimana para pramugari memakai helm sebagai bagian dari seragam mereka saat bertugas di kabin pesawat. Demikianlah sekilas tentang seragam pramugari terunik sampai saat ini. Menarik untuk menantikan apakah kelak akan ada maskapai lain yang bisa menciptakan keunikan lainnya untuk para pramugari mereka.

[dikutip dengan berbagai penyesuaian dari detik.com]

Tickerbar