Friday 24 February 2012

Lakukan Saja !


Tulisan kali ini terinspirasi oleh seminar-seminar bisnis yang akhir-akhir ini semakin sering saya hadiri maupun buku-buku bisnis semakin sering saya baca, dan juga yang secara kebetulan sesuai dengan ‘tema’ atau ‘topik’ utama blog ini. Dari sekian banyak seminar bisnis yang saya hadiri maupun buku bisnis yang saya baca, saya menemukan bahwa mayoritas menganjurkan untuk memperbanyak tindakan alias action. Para pengisi seminar maupun penulis buku bisnis bahkan juga ada yang menyatakan bahwa bisnis yang baik itu adalah bisnis yang dibuka atau dijalankan, bukan bisnis yang terus dipikirkan, direncanakan, diimpikan, disiapkan, dan sejenisnya. Bisnis yang baik itu adalah bisnis yang dibuka atau dijalankan.
Saya secara pribadi termasuk golongan orang bertipe pemikir. Saya menyukai berpikir, menganalisa, merencanakan, dan kegiatan lain yang sejenis. Saya mengetahui, menyadari, dan meyakini bahwa hal tersebut juga baik adanya. Namun beberapa bulan lalu akhirnya saya sadar bahwa jika saya hanya berpikir, menganalisa, berencana, tetapi tidak pernah atau kurang bertindak, maka saya juga tidak akan pernah meraih apapun. Didorong oleh kesadaran tersebut, saya mulai belajar untuk lebih memperbanyak tindakan tanpa mengurangi dengan cukup berarti waktu yang saya habiskan untuk berpikir. Motivasi untuk memperbanyak tindakan serta mempercepatnya juga semakin didorong setelah kehadiran saya pada sejumlah seminar maupun workshop bisnis yang saya hadiri. Saya menyadari bahwa mengikuti seminar maupun workshop seperti itu sangat berguna dan bermanfaat. Saya dapat menambah ilmu, memperoleh motivasi, menambah kawan serta memperluas jejaring.

Saya di awal tahun ini juga terus dan terus berupaya untuk lebih mempercepat semua tindakan saya dalam berbagai hal. Saya pun mulai kembali mengaktifkan bisnis yang telah saya ciptakan dua tahun lalu, yaitu bisnis pengembangan aplikasi atau perangkat lunak komputer. Saya pun berencana agar tahun ini dapat melahirkan suatu produk serta untuk meluncurkan website profesional saya, sambil tetap mengerjakan seluruh pesanan pembuatan software yang masuk. Saya tidak mengurangi sama sekali waktu saya untuk berpikir, tetapi saya berupaya untuk lebih banyak action. Saya berupaya mendorong dan memotivasi diri saya untuk lebih banyak dan lebih berani action, supaya juga dapat lebih banyak melayani permintaan pengembangan aplikasi dengan lebih cepat tanggap. Saya berupaya lebih cepat menanggapi setiap permintaan maupun pertanyaan setiap klien maupun calon klien saya.
Pada intinya, saya hanya berupaya mengamalkan dalam wujud tindakan nyata segala yang telah saya pelajari dari pengalaman saya pribadi maupun dari sharing yang saya peroleh dari orang lain, khususnya para pengusaha yang telah sukses. Saya berupaya mendorong diri saya untuk tidak takut bertindak, tidak takut mencoba, walaupun mungkin hasilnya belum atau bahkan dapat tidak berhasil sama sekali. Namun paling tidak saya sudah berani mencoba, sebab saya meyakini bahwa jika tidak dicoba juga tidak akan tahu. Belajar untuk lebih action, action, action, dan action !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger