Sunday 10 July 2011

Sudah Efektifkah Hidup Kita ?

Selama beberapa bulan terakhir ini, saya selalu berusaha untuk menanyakan pertanyaan ini kepada diri saya sendiri. Sudah efektifkah hidup saya ? Sudahkah saya memanfaatkan setiap waktu dalam hidup saya dengan optimal ? Sudahkah saya benar-benar menggunakan hidup saya untuk melakukan hal-hal yang benar bermanfaat ? Proses bertanya seperti ini sungguh sangat bermanfaat untuk menganalisa serta menilai lebih dalam mengenai kehidupan yang kita jalani setiap hari.
Jawaban-jawaban yang kita peroleh sebagai jawaban atas semua pertanyaan tersebut dapat membantu untuk mengetahui apakah kehidupan yang kita jalani benar-benar kehidupan yang benar, bermanfaat, dan tentu saja efektif. Semua jawaban atas pertanyaan tersebut dapat memberitahu kita apakah kita telah memanfaatkan waktu yang kita miliki dalam hidup untuk kegiatan yang bermanfaat, untuk meraih kualitas kerja yang terbaik, untuk meraih segala sesuatu yang mungkin kita raih. Pertanyaan yang tepat serta jawaban yang jujur atas pertanyaan dapat membantu kita untuk menjadi individu yang lebih baik.

Melalui proses bertanya yang selalu saya jalankan selama beberapa bulan terakhir, saya secara perlahan tetapi pasti, mulai menemukan serta menyadari bahwa ternyata kehidupan yang saya jalani bukanlah kehidupan yang efektif. Saya menemukan bahwa ternyata ada begitu banyak aktivitas yang seharusnya tidak perlu atau tidak penting untuk saya kerjakan, tetap saja saya kerjakan setiap hari dan dalam porsi waktu yang besar. Proses bertanya serta perenungan atas jawaban pertanyaan tersebut telah sangat membantu saya dalam mengevaluasi kehidupan saya secara pribadi dan membantu saya untuk menjadikan kehidupan saya lebih baik.
Melalui proses bertanya pula, saya dapat mengeliminasi satu per satu setiap kegiatan atau aktivitas yang menurut penilaian saya pribadi tidak penting. Proses eliminasi tersebut telah membantu saya dalam membuang atau menyingkirkan sebanyak mungkin aktivitas yang tidak menopang atau mendorong saya ke arah pencapaian seluruh impian saya. Proses eliminasi tersebut juga telah membantu saya untuk mengerjakan hanya hal-hal yang penting saja, dan bukan sekedar mengerjakan sesuatu.
Proses bertanya serta merenung yang saya jalankan selama beberapa bulan terakhir juga telah membantu saya dalam menemukan kembali arah kehidupan saya yang sempat kabur atau samar-samar. Proses tersebut membantu saya dalam mengenali diri saya sendiri secara mendalam. Saya menjadi tahu apa yang saya inginkan, apa saja yang sudah dan belum saya capai, kegiatan apa aja yang penting dan tidak penting, serta yang paling penting adalah mengetahui tujuan dan prinsip hidup saya. Saya sungguh sangat terbantu dengan proses tersebut. Proses tersebut membantu saya menjadi individu yang lebih baik dan lebih efektif setiap hari. Proses tersebut memampukan saya dalam menjadi pemimpin bagi diri saya sendiri. Saya menegur diri saya sendiri setiap kali ada hal-hal atau aktivitas-aktivitas tidak penting saya secara sengaja maupun tidak sengaja saya lakukan. Saya menegur dan mendisiplinkan diri saya sendiri untuk hanya mengerjakan segala sesuatu yang penting, segala sesuatu yang telah direncanakan, dan segala sesuatu yang mampu mendorong saya melaju lebih kencang ke arah pencapaian seluruh impian saya.
Dari proses bertanya serta perbaikan diri yang masih terus saya jalani hingga saat ini, saya akhirnya menyadari dan menyimpulkan bahwa bertanya kepada diri sendiri pertanyaan yang tepat, dapat membantu dalam mengevaluasi kehidupan kita. Bertanya pertanyaan yang tepat memampukan untuk mengetahui apa yang benar serta apa yang tidak benar. Bertanya pertanyaan yang tepat memampukan kita untuk mengetahui tujuan hidup kita atau menemukan tujuan hidup yang tenggelam atau terkubur selama beberapa waktu. Bertanya pertanyaan yang tepat memampukan kita untuk mengetahui apa yang pantas dan tidak pantas untuk kita lakukan. Bertanya pertanyaan yang tepat memampukan untuk menjadi pemimpin bagi diri sendiri dalam membawa kita menjadi individu yang lebih baik, lebih cakap, lebih terampil, dan tentu saja lebih sukses. Oleh karena itu, tanyakanlah pertanyaan yang tepat dan jadilah pribadi yang lebih baik !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger