Sunday, 17 July 2011

Mengapa Ngeblog ?

Saya pertama kali mengenal dunia blog sekitar lima tahun lalu. Sebelum menulis di blog, saya biasa menulis di buku catatan harian saya. Namun sejak mengenal dunia blog saya mulai beralih menuliskan isi pikiran saya di blog. Awal ngeblog, saya tidak mengetahui dengan pasti mengapa mesti ngeblog dan apa manfaat blogging. Kini setelah lima tahun berlalu, melalui berbagai pembelajaran yang saya lakukan di sepanjang perjalanan, saya akhirnya mengerti serta semakin menyadari manfaat blogging. Saya menemukan manfaat yang besar dari menjadi seorang blogger, apalagi seorang yang profesional. Melalui tulisan ini, saya akan mencoba menjabarkan beberapa manfaat ngeblog yang berhasil saya temukan.
Pertama, dengan ngeblog kita dapat berbagi pemikiran kita dengan orang lain, termasuk prinsip-prinsip serta pengetahuan dan pengalaman. Melalui blog yang kita kelola, kita dapat berbagi bermacam pengetahuan yang telah kita pelajari atau peroleh sejauh ini kepada sebanyak mungkin orang, sehingga paling tidak kita dapat turut berkontribusi untuk membantu mencerdaskan orang lain yang membaca tulisan di blog kita. Selain itu, kita juga dapat berbagi berbagai pengalaman hidup yang telah berhasil kita himpun hingga saat ini maupun pengalaman yang kita pelajari ke orang lain, sehingga kita juga turut berpartisipasi untuk berbagi kebijaksanaan dengan banyak orang agar minimal orang lain tidak mengulangi hal-hal buruk yang pernah kita lakukan serta dapat mengambil pengalaman baik dari kita.

Kedua, dengan ngeblog kita dapat membuka hubungan atau berjejaring dengan sebanyak mungkin orang lain, khususnya para blogger lain. Melalui blog kita dapat bertemu atau mengenal orang lain, bahkan termasuk orang yang belum pernah dengan kita sekalipun. Blog dapat menjadi sarana bagi kita untuk memperoleh sebanyak mungkin teman, yang siapa tahu kelak dapat menjadi sahabat atau rekan kerja kita.
Ketiga, dengan ngeblog kita juga dapat menjadikan diri kita dikenal oleh sebanyak orang, bahkan meskipun kita tidak mengenal mereka. Istilah lainnya, dengan ngeblog kita dapat menjadi orang terkenal. Blog kita yang terus atau rutin kita update dengan informasi atau tulisan baru, khususnya informasi atau tulisan yang bermanfaat, dapat menarik perhatian banyak orang untuk dengan rutin mengunjungi blog kita serta memberikan komentar maupun saran.
Keempat, blog dapat kita jadikan sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan diri kita sendiri, baik jasa maupun produk yang kita tawarkan ke orang lain. Tulisan yang kita buat mengenai jasa yang kita tawarkan atau produk yang kita jual dapat menjadi salah satu gerbang untuk memperoleh transaksi atau permintaan atas barang dan jasa kita. Blog dapat menjadi sarana gratis alias murah meriah untuk beriklan atau mengiklankan jasa dan produk kita.
Kelima, melalui blog kita dapat memperoleh lebih banyak uang untuk mencukupi kebutuhan hidup kita maupun untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan. Kita dapat memperoleh melalui beragam cara seperti berafiliasi dengan sejumlah situs besar yang menyediakan kesempatan untuk menjalin kerjasama saling menguntungkan, semisal, freelancer.com, freemarket.com, tickerbar.info (situs paid to surf), atau arenapromo.com (situs jasa pemasangan iklan dengan biaya terjangkau). Melalui berbagai kerja sama saling menguntungkan tersebut, kita memiliki kesempatan untuk menghasilkan uang tambahan dengan upaya yang minim (ingat upaya yang minim dan bukan tanpa upaya !).
Kelima hal yang telah saya jabarkan diatas merupakan lima manfaat yang telah berhasil saya temukan dan sadari sampai sejauh ini mengenai manfaat ngeblog. Di masa depan, tidak tertutup kemungkinan, saya akan akan menemukan atau menyadari beberapa manfaat lain lagi dari aktivitas blogging yang saya lakukan. Saya akan usahakan untuk sharing beragam manfaat lain yang berhasil saya temukan, sehingga kita sebagai blogger dapat benar-benar mengetahui dengan pasti manfaat apa saja yang dapat kita peroleh dari aktivitas blogging kita. Jika ada diantara kalian yang menemukan manfaat lain dari aktivitas blogging selain yang telah saya sebutkan diatas, saya berharap kalian mau membaginya dengan saya. Sebutkan saja manfaat ngeblog yang kalian ketahui melalui komentar pada tulisan ini, sehingga tidak hanya saja yang dapat mengetahui, tetapi seluruh orang yang membaca tulisan ini. Segitu saja tulisan kali ini dan semoga bermanfaat bagi kita semua !

Tickerbar