Saturday 11 June 2011

Kadang, Bekerja Keras Adalah Satu-Satunya Solusi

Selama beberapa waktu terakhir (sekitar dua tahun terakhir), saya mendengar cukup banyak orang mendengungkan istilah ‘bekerja cerdas, bukan bekerja keras’. Saya sampai sekarang belum sepenuhnya mengerti bekerja cerdas itu seperti apa dan masih terus berupaya memahaminya, baik dari mendengarkan ucapan orang lain, membaca artikel atau buku, dan menalar menggunakan pemikiran saya sendiri. Jika pemahaman yang saya peroleh sejauh ini mengenai bekerja cerdas tepat adanya, saya setuju dengan konsep tersebut. Konsep tersebut mengajarkan kepada kita bahwa kita tidak selamanya harus bekerja keras, tetapi kita dapat bekerja dengan cerdas dengan cara mengetahui hal-hal apa sajakah yang perlu dikerjakan dan apa saja yang tidak perlu.
Berdasarkan pemahaman mengenai bekerja cerdas yang saya sebutkan diatas, saya sangat sepakat dengan gagasan tersebut. Namun setelah dalam waktu yang cukup lama pula bergelut dengan istilah ‘bekerja cerdas’, akhirnya saya menyadari bagaimanapun kita tetap perlu bekerja keras untuk meraih impian atau apapun yang ingin kita raih. Dari kesadaran saya tersebut, akhirnya saya mengubah sedikit istilah ‘bekerja cerdas’ menjadi ‘bekerja keras dengan cerdas’. Istilah saya tersebut berupaya menjelaskan bahwa kita tetaplah perlu bekerja keras untuk meraih atau mewujudkan apapun yang ingin kita wujudkan, tetapi kita tidak harus bekerja keras pada semua bidang atau semua hal. Kita dapat bekerja sama dengan orang-orang terbaik lain untuk menghasilkan kualitas pekerjaan yang luar biasa. Dengan kata lain, kita bekerja keras pada bidang-bidang yang kita bisa dan orang lain bekerja keras pada bidang-bidang yang mereka bisa.
Dari penelusuran atau penalaran yang masih berlanjut hingga kini, saya juga menyadari bahwa terkadang atau bahkan mungkin seringkali bekerja keras adalah satu-satunya solusi yang kita miliki untuk menyelesaikan pekerjaan atau tanggung jawab kita dengan kualitas terbaik. Terkadang situasi memaksa kita untuk bekerja sangat keras dan mengorbankan kesenangan sementara untuk mempersembahkan kualitas kerja yang luar biasa. Saya juga akhirnya sadar bahwa bekerja keras tetaplah diperlukan oleh siapapun, tidak ada hasil apapun yang dapat diperoleh tanpa bekerja keras yang terbaik pada bidang-bidang yang kita bisa atau kita mampu. Jadi kesimpulannya, kadang atau bahkan seringkali bekerja keras dan sangat keras adalah satu-satunya solusi yang kita miliki untuk menuntaskan seluruh tanggung jawab kita dengan hasil yang luar biasa. Salam pekerja keras !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger