Saturday 11 June 2011

S.EX

Peringatan: harap dibaca terlebih dahulu dengan seksama, untuk kemudian dicermati, setelah itu dapat memberi komentar !
Kali ini saya menulis dengan topik sedikit berbeda, bahkan mungkin sangat berbeda dibandingkan topik-topik yang biasa saya tulis. Selamat menikmati dan harap perhatikan juga peringatan diatas.
Saya secara mendadak terpikirkan mengenai gagasan untuk menulis sebuah topik yang sedikit berbeda ini saat sedang membaca artikel mengenai salah satu teori dalam ilmu komputer. Inspirasi tersebut melintas secepat kilat ke dalam benar saya dan setelah merenung sebentar, secepat kilat pula saya segera menuliskannya sebelum gagasan yang meloncat masuk ke dalam pikiran saya meloncat keluar.
Sebelum saya mulai masuk ke gagasan utama tulisan ini, saya ingin bertanya terlebih dahulu. Berapa tahunkah masa yang telah Anda habiskan untuk duduk di bangku sekolah maupun kuliah ? Setiap orang dapat memiliki jawaban berbeda-beda, sesuai dengan tingkat pendidikan yang telah diselesaikannya. Tanpa peduli berapa lama waktu yang telah kita habiskan untuk di bangku sekolah maupun kuliah atau tanpa peduli juga sudah sampai jenjang apa pendidikan Anda, bagaimanapun juga sekolah itu penting. Go to school is important for our better future !
Sekarang saya ingin bertanya kembali. Menurut Anda, untuk apakah Anda menempuh jenjang pendidikan sampai sejauh ini ? Menurut Anda, untuk apakah Anda bersekolah atau berkuliah ? Sekali lagi jawaban Anda bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Satu jawaban yang saya miliki mengenai alasan pergi ke sekolah terdapat pada judul tulisan ini. Saya sengaja menyingkatnya menjadi singkatan yang mungkin sedikit aneh tersebut, tapi sungguh itu tepat adanya. We are go to Schools to be EXtra ordinary people (S.EX) atau dalam bahasa Indonesia, kita pergi ke sekolah untuk menjadi orang yang luar biasa. Ya, saya percaya baik kita secara pribadi maupun orang tua kita menginginkan kita pergi ke sekolah maupun universitas untuk belajar salah satu alasannya adalah karena kita atau orang tua kita ingin melihat diri kita menjadi orang yang luar biasa. Kita maupun orang kita ingin menjadikan kita seseorang yang lebih baik, lebih ahli, lebih hebat, lebih sukses, lebih cerdas, lebih bijaksana, dan segala kelebihan lain yang kita maupun orang kita harapkan dapat diperoleh dengan bersekolah.
Kita maupun orang tua kita (untuk yang bersekolah atau berkuliah, baik dahulu maupun sekarang yang dibiayai oleh orang tua) tentu saja berharap dengan bersekolah kita dapat menjadi seperti semua yang sudah saya tulis diatas. Namun harus kita akui juga tidak semua yang kita harapkan dapat kita peroleh melalui bantuan sekolah atau kuliah dapat semuanya kita peroleh, sebab memang sampai sejauh ini sekolah belum dapat menyediakan semua yang kita harapkan atau butuhkan dan kemungkinannya juga tidak akan dapat menyediakan semuanya itu. Sekolah memang belum atau bahkan tidak dapat memenuhi semua harapan kita, tetapi bagaimanapun juga bersekolah atau berkuliah itu penting. Dengan bersekolah atau berkuliah kita dapat terbantu serta terpacu untuk belajar agar dapat mendekatkan diri kita kepada semua harapan dan impian kita. Dengan bersekolah atau berkuliah kita juga dapat memperoleh bimbingan dalam belajar, sebab banyak orang tidak dapat belajar sendiri tanpa ada orang lain yang mengawasi atau mengingatkannya untuk belajar. Kita semua memang telah dianugerahi kepandaian atau kecerdasan kita masing-masing, namun semuanya itu tetap perlu diasah agar dapat benar-benar mencapai titik paling maksimalnya dan seringkali kita seolah tidak dapat belajar sendiri jika tidak ada orang yang mengawasi atau menegur kita.
Jadi, bagaimanapun sedikit atau banyaknya manfaat yang kita peroleh dari sekolah, belajar di sekolah atau universitas tetaplah berguna dan bermanfaat bagi kita di masa sekarang maupun masa depan. Jadi selama kita mampu dan benar-benar merasa perlu memperoleh pendidikan serta merasa perlu untuk menjadi orang yang luar biasa, maka kita harus pergi ke sekolah atau universitas untuk belajar. We are go to Schools (or universities) to be EXtra ordinary people (S.EX). Keep on study to always have chance for a better future and to be smarter people !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger