Friday 20 May 2011

To B Different


“Be different or die (jadilah berbeda atau mati saja)”, kita mungkin pernah mendengar atau membaca kalimat tersebut. Atau mungkin kita pernah mendengar atau membaca juga kalimat yang diucapkan oleh Patti Wilson ini, “following the herd is a sure way to mediocrity (mengikuti apa yang kumpulan orang banyak lakukan adalah suatu cara pasti menuju keadaan yang biasa-biasa saja)”. Menjadi berbeda, itulah yang akhir-akhir ini juga mulai kembali mengisi pikiran saya, setelah untuk sekian waktu yang lalu saya pernah menjadi orang yang mengikuti arus kehidupan kawan-kawan saya. Saya ingat dengan jelas saya melakukannya hanya dengan satu tujuan, yaitu agar saya dapat lebih dekat dengan mereka. Namun seiring berjalannya waktu, saya mulai kehilangan ciri khas saya, saya mulai kehilangan keunikan diri saya yang menjadikan diri saya menonjol diantara yang lain. Ya, mengikuti arus menjadikan saya hilang ditelan arus, sehingga saya tidak menonjol lagi diantara sekian banyak orang yang hidup di dunia ini.

Saya ingat dengan jelas, ketika saya mulai mengubah beberapa hal yang menjadi ciri khas saya, suatu efek yang muncul adalah saya mulai diterima menjadi bagian dari mereka dan saya mulai dekat dengan mereka. Namun akibat lainnya adalah saya tidak menjadi diri saya seperti seharusnya diri saya. Saya berubah menjadi seperti teman-teman saya dan kehilangan nilai unik yang ada dalam diri saya. Tetapi saya beruntung bahwa akhirnya saya sadar suatu hal yang sangat berharga, yaitu jika saya ingin menjadi individu yang berbeda yang menonjol diantara sekian miliar orang yang ada di dunia ini, maka saya juga harus hidup dengan cara yang berbeda, standar yang berbeda, kebiasaan yang berbeda, sikap yang berbeda, ketekunan yang berbeda, keuletan yang berbeda, dan segala hal berbeda lainnya yang dapat menjadikan saya unggul diantara sekian banyak orang di dunia. Segala yang berbeda yang saya lakukan dan hidupi juga akan menjadikan diri saya menjadi diri saya yang seutuhnya sesuai dengan rencana Tuhan yang sangat luar biasa dalam hidup saya.
Jadi intinya, jika kita semua tidak ingin hilang ditelan arus kehidupan, maka kita juga jangan begitu saja mengikuti arus kehidupan yang ada. Kita perlu belajar untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai diri kita sendiri. Kita perlu belajar untuk menjadi individu yang berbeda yang menonjol dengan cara hidup menggunakan standar yang berbeda, disiplin yang berbeda, ketekunan yang berbeda, semangat yang berbeda, keuletan yang berbeda, dan segala perbedaan lain yang menjadikan kita unggul dan menonjol. Finale, be different or die !

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger