Sunday, 1 May 2011

Menjaga Kobaran Semangat


Dalam segala sesuatu yang kita lakukan setiap harinya, hampir selalu kita memiliki motif atau alasan tertentu dibaliknya. Motif atau alasan itulah yang mendorong kita untuk melakukan sesuatu, mengejar sesuatu, dan meraih sesuatu. Motif yang begitu kuat itulah yang akhirnya dapat pula disebut sebagai motivasi atau semangat yang berkobar-kobar di dalam diri kita untuk mewujudkan segala hal yang kita inginkan.
Dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan berbagai macam keadaan, situasi, dan tantangan kita memerlukan motivasi yang sangat kuat dari dalam diri kita sendiri untuk dapat tetap bertahan mengarungi derasnya kehidupan. Namun ternyata seringkali yang berlaku justru sebaliknya, kita memang memiliki motivasi atau dorongan semangat yang sangat kuat dari dalam diri kita, tetapi hal itu biasanya hanya bertahan di awal-awal saja. Seiring berjalannya waktu dan seiring meningkatnya tekanan dan tantangan yang kita hadapi, motivasi diri kita bisa mengendur. Kita yang pada awalnya sangat percaya bahwa kita mampu meraih apapun, mampu melakukan apapun, serta mampu mewujudkan seluruh impian kita berubah menjadi orang yang semakin lama semakin tidak percaya bahwa kita mampu. Semakin besarnya tekanan dan tantangan yang kita hadapi dapat membuat kita yang tadinya optimis menjadi pesimis.

Menyikapi seperti yang saya sebutkan diatas, maka kita perlu berhenti sejenak untuk mengambil nafas serta mengingat kembali setiap impian-impian kita, tujuan-tujuan hidup kita, dan segala sesuatu yang ingin kita raih. Kita perlu meninjau ke dalam diri kita untuk mengumpulkan kembali serpihan-serpihan motivasi serta semangat yang terpecah-pecah di dalam diri kita. Kita perlu menggabungkan kembali seluruh motivasi, kepercayaan diri, dan semangat yang ada di dalam diri kita. Kita perlu memberi tambahan udara agar motivasi, kepercayaan diri, dan semangat tersebut dapat kembali berkobar-kobar dan bahkan tetap berkobar selamanya.
Kita perlu mengingat kembali seluruh impian kita yang luar biasa agar impian-impian tersebut dapat terus mendorong serta membesarkan motivasi serta semangat kita tetap berkobar. Jangan pernah lupakan seluruh impian kita. Jangan pernah remehkan kemampuan diri kita sendiri dalam upaya kita mewujudkan seluruh impian kita. Percayalah bahwa kita mampu mewujudkan segala sesuatu yang kita inginkan, asalkan kita tetap percaya dan tetap berjuang sekuat tenaga serta sebaik yang kita mampu. Kita harus berupaya secara terus-menerus untuk menjaga agar motivasi dan semangat kita tetap berkobar-kobar, sehingga kobarannya mampu membakar diri kita dan menyelimuti kita sepanjang perjalanan kita mewujudkan impian. Semangat !

Tickerbar

KumpulBlogger