Tuesday 17 August 2010

BELAJAR ULANG MENGENAI SUKSES MELALUI TUJUH LANGKAH SUKSES

Beberapa tahun yang lalu sebenarnya prinsip ini sudah pernah aku pelajari dan terapkan dalam hidupku sehingga membawa ke puncak pada tahun 2009 lalu. Namun semenjak tahun 2007 akhir, prinsip-prinsip tersebut sudah mulai terlupakan sehingga kini di tahun 2010 tidak ada lagi prinsip-prinsip yang akan memanduku meraih sukses berikutnya. Hal tersebut terbukti dengan mulai kacaunya kehidupanku sejak sukses tahun 2009 yang lalu.
Kini, dengan sepenuh kesungguhan dan upaya, aku harus meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk mempelajari dan memahami kembali prinsip-prinsip tersebut dan kemudian menerapkannya dalam hidupku untuk membantuku meraih sukses demi sukses berikutnya. Prinsip-prinsip sukses tersebut, salah satunya aku pelajari dari salah seorang mentor jarak jauhku, John C. Maxwell. Maxwell merupakan salah satu ahli kepemimpinan dan efektivitas pribadi terbaik dunia. Jika aku telusuri sebenarnya aku sudah menjadi ‘muridnya’ sejak sekitar tiga tahun yang lalu. Sejak sekitar pertengahan tahun 2007 dan sejak saat itu pula, aku mulai menggandrungi serta selalu berusaha sebisa mungkin membaca semua buku yang dia tulis.
Namun, satu hal yang tidak aku sadari adalah bahwa ternyata aku juga mengenal dia di saat yang kurang tepat. Aku mengenal dia justru di masa-masa dimana aku mulai mengalami pendinginan secara mental dan impian, sehingga prinsip-prinsip luar biasa yang dia ajarkan belum sempat aku terapkan dengan baik dan pada akhirnya terlupakan. Tetapi, kini aku mulai sadar bahwa aku harus segera bangkit dan menuju sukses demi sukses berikutnya, dimana sukses terdekat yang harus aku raih pada waktu terdekat ini adalah sukses menjadi wisudawan pada tahun 2010 serta lulus kuliah.
Guna memberikan gambaran singkat mengenai tujuh langkah sukses yang Maxwell rumuskan dalam bukunya yang berjudul, Sukses Dibangun Setiap Hari, maka dibawah ini aku daftarkan ketujuh langkah tersebut dan semoga berguna. Seandainya kalian semua ingin memahaminya dengan lebih jelas, saya sarankan kalian membaca sendiri jabaran yang lebih detail mengenai ketujuh langkah tersebut dalam buku yang sudah saya sebutkan diatas. Selamat belajar menjadi pribadi yang sukses dalam segala di dalam kehidupan kita maupun untuk membantu orang-orang disekitar kita untuk turut meraih kesuksesan dengan membagikan prinsip-prinsip yang sudah kita pelajari atau terapkan.
Tujuh langkah sukses menurut John C. Maxwell:
1.    Buatlah komitmen untuk bertumbuh setiap hari
2.    Hargai proses lebih dari peristiwa yang terjadi
3.    Jangan menunggu inspirasi
4.    Bersedia mengorbankan kesenangan demi kesempatan
5.    Memiliki impian besar
6.    Urutkan prioritas Anda
7.    Berkorban untuk memperoleh peningkatan

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger