Wednesday, 18 March 2009

Be a World Class Leader

Baru-baru ini aku terpikir tentang konsep pemimpin kelas dunia. Konsep ini merasuk ke dalam benakku, perlahan-lahan semakin dalam. Dalam upaya pembelajaran diri menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dan efektif, konsep ini muncul dalam pikiranku. Perlahan-lahan aku menyadari bahwa menjadi seorang pemimpin kelas dunia adalah impian dari setiap pemimpin yang ada di dunia ini.

Definisi pemimpin kelas dunia adalah seorang pemimpin yang memiliki kualifikasi untuk membuat seluruh dunia segan, hormat, dan kagum pada kemampuan kepemimpinannya. Suatu kesalahan besar jika kita menilai pemimpin kelas dunia hanya dari segi popularitas saja, memang popularitas itu penting, karena kita tidak mungkin bisa menjadi pemimpin kelas dunia jika kita sendiri tidak dikenal oleh orang-orang dari berbagai negara lain yang ada di dunia ini. Namun yang benar-benar seseorang layak diberi gelar sebagai pemimpin kelas dunia adalah karena dia memang memiliki kemampuan memimpin yang luar biasa, suatu kemampuan memimpin yang mampu menghasilkan perubahan dan perbedaan ke arah yang lebih baik di dunia ini.

Seorang pemimpin kelas dunia adalah pemimpin yang mampu menjadi teladan atau panutan tidak hanya di daerah, organisasi, atau negara dimana dia bertindak sebagai pemimpin, namun dia juga harus dapat menjadi teladan diseluruh dunia. Pemimpin kelas dunia harus mampu memberikan teladan terbaik kepada setiap orang yang ada di dunia ini. Dia harus mampu menerangi setiap kehidupan yang ada di dunia ini melalui perbuatan dan ucapannya. Intinya dia harus mampu menjadikan dirinya serta kehidupannya sebagai teladan dan contoh bagi orang lain untuk menghasilkan kebaikan-kebaikan dalam setiap aspek kehidupan.

Menjadi seorang pemimpin kelas dunia itu sepertinya memang tidak akan mudah, namun bagi setiap pemimpin hal itu tetap akan menjadi tantangan tersendiri dalam hidupnya. Bagi setiap pemimpin dengan menjadi pemimpin kelas dunia akan memampukan dirinya untuk memberikan pengaruh-pengaruh yang baik serta membuat perbedaan dalam hidup lebih banyak orang. Pemimpin kelas dunia itu memiliki tanggung jawab untuk memberikan terang yang bercahaya diseluruh dunia melalui tingkah lakunya. Bagi kalian para pemimpin yang tertarik menjadi pemimpin kelas dunia, tetaplah belajar lebih baik lagi dalam segala hal, sehingga kalian benar-benar siap untuk menjadikan diri kalian pemimpin kelas dunia.

Tickerbar

KumpulBlogger