Friday, 25 November 2016

Beberapa Hal Tentang Tidur Yang Mungkin Belum Kita Tahu

Beberapa Hal Tentang Tidur Yang Mungkin Belum Kita Tahu
Beberapa Hal Tentang Tidur Yang Mungkin Belum Kita Tahu
Setiap orang butuh tidur dan bahkan beberapa orang suka tidur. Tidur memang sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Namun terlalu banyak tidur juga ternyata berakibat kurang baik bagi tubuh.

Kebugaran dan vitalitas tubuh sangat penting bagi setiap orang pada zaman modern yang semuanya dituntut untuk serba cepat. Kadang karena kebutuhan akan kecepatan dan seakan waktu 24 jam sehari yang kita miliki terasa kurang, beberapa dari kita memutuskan untuk mengurangi waktu tidur kita. Namun di sisi lain, ada pula orang yang masih sempat tidur dalam waktu yang lebih dari cukup. Tetapi terkadang pula kita sudah tidur cukup lama tapi ketika bangun masih mengantuk dan badan kurang segar. Kadang pula di siang hari kita juga masih mengantuk.

Ada beberapa hal tentang tidur yang mungkin belum kita tahu. Dengan mengutip sumber dari kompas.com, mari kita simak bersama beberapa hal tentang tidur yang mungkin belum kita tahu.

1. Tidur memiliki porsinya sendiri. Jika kita sudah cukup tidur, maka seharusnya dan selayaknya kita sudah tidak mengantuk lagi ketika pagi dan siang hari. Jika ternyata kita masih mengantuk, itu artinya waktu atau kualitas tidur kita masih kurang.

2. Idealnya waktu tidur manusia dewasa antara 7-9 jam setiap hari.

3. Jika sudah cukup tidur tetapi masih mengantuk, maka kondisi itu disebut dengan "hipersomnia". Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit tidur.


4. Narkolepsi adalah kondisi dimana rasa mengantuk yang hebat dapat terjadi di siang hari. Kondisi ini bisa dibarengi dengan serangan tidur atau fenomena "ketindihan". Gangguan ini terjadi pada pusat pengatur mimpi di otak. Kondisi ini mengakibatkan gelombang otak antara kondisi tidur dan terjaga saling tumpang tindih.

5. Periodic limb movements in sleep adalah kondisi dimana kaki bergerak-gerak sendiri secara periodik saat tidur. Setiap kali kaki tergerak, otak akan terjaga sehingga mengganggu kualitas tidur kita. Kondisi ini terjadi sendiri tanpa kita sadari. Efeknya hanya terasa ketika kita dalam kondisi tidak tidur berupa perasaan lelah dan tak segar sepanjang hari.

6. Sleep apnea adalah kondisi dimana nafas kita terhenti sejenak ketika tidur dan umumnya ditandai dengan dengkuran. Mendengkur bukanlah tanda tidur yang nyenyak. Orang yang mendengkur ketika tidur mengalami kondisi tercekik berulang-ulang kali ketika tidur sehingga tanpa sadar otaknya akan terbangun berulang kali.

7. Di beberapa negara orang yang menderita atau mengalami sleep apnea, atau kurang tidur, dilarang mengemudi kendaraan.

8. Sleep apnea dapat menjadi penanda atau penyebab utama penyakit hipertensi, jantung, diabetes, stroke, impotensi, stroke, bahkan hingga kematian.

9. Tak ada satu zat pun yang dapat menggantikan efek restoratif dan menenangkan yang dapat menggantikan efek tidur.

Itulah beberapa hal tentang tidur yang mungkin belum kita tahu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih sudah berkunjung dan bersedia membaca.

(sumber: www.kompas.com)

Tickerbar

KumpulBlogger