Monday, 15 August 2016

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital: Ignition Phase

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
Tulisan ini merupakan bagian dari tugas atau kewajiban yang harus saya tuntaskan berkaitan dengan keikutsertaan saya dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Sebelum saya membahas atau menjelaskan lebih lanjut mengenai tahap awal atau pertama dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, ada baiknya apabila kita semua mengenal lebih dekat terlebih dahulu mengenai gerakan tersebut.

Perlu kita ketahui bersama, di Indonesia terdapat sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna telepon pintar (smart phone). Namun sayangnya, banyaknya pengguna internet dan smart phone tersebut belum diimbangi dengan banyaknya produk-produk digital asli karya anak bangsa Indonesia. Padahal jika kita bisa memanfaatkan dengan baik, kondisi atau fakta tersebut dapat menjadi modal besar bagi negara kita Indonesia untuk dapat mengembangkan e-commerce maupun bisnis aplikasi teknologi digital di tanah air. Banyak kalangan juga memprediksi bahwa dalam beberapa tahun ke depan besaran bisnis e-commerce dan digital di Indonesia dapat mencapai angka 130 Miliar Dollar dengan pertumbuhan rata-rata setiap tahun di angka 50 persen. Besar sekali bukan ?

Pada pertengahan bulan Februari 2016, Presiden Jokowi telah mencanangkan untuk menjadikan Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia” di Silicon Valley Amerika Serikat. Untuk mendukung visi tersebut, pemerintah khususnya melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan KIBAR membentuk suatu gerakan yang bernama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dengan tujuan melahirkan perusahaan rintisan yang berkualitas dan memberikan dampak positif bagi negara kita. Gerakan tersebut ditargetkan dapat menciptakan 1000 perusahaan digital baru di tanah air dengan total valuasi bisnis 10 Miliar Dollar pada tahun 2020. Target yang tentu saja tidak mudah untuk diwujudkan. Perlu tercipta rangkaian gerak yang runut, tertata, serta jelas tujuan serta manfaatnya agar 1000 perusahaan rintisan digital dapat benar-benar terwujud dan terbentuk pada waktu yang telah ditetapkan.

Untuk mendukung visi tersebut, KIBAR selaku inisiator dan pelaksana utama Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada tahun 2016 ini telah memulai roadshow serta pendaftaran kandidat atau calon dari perusahaan rintisan digital di 10 kota dengan infrastruktur serta fondasi digital yang sudah berakar secara kuat. Salah satu kota yang dikunjungi oleh gerakan ini adalah kota Surabaya. Sekitar dua minggu lalu digelar suatu acara roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Surabaya di suatu lokasi di Surabaya Barat dengan jumlah peserta mencapai ratusan yang dijaring dan diseleksi melalui pendaftaran secara online.

Seluruh peserta yang telah terpilih berhak mengikuti tahap pertama yaitu tahap ignition. Ringkasnya, ignition adalah suatu seminar yang ditujukan untuk membuat para startup founder mengerti serta memahami pola pikir sebagai startup founder. Pada tahap ini, beberapa pendiri atau pemilik perusahaan yang sudah lama berdiri maupun beberapa startup founder yang lebih dulu ada berbagi mengenai pola pikir, mentalitas, serta visi mereka dalam membangun bisnis rintisan digital mereka. Beberapa dari mereka mengungkapkan, “visi dalam membangun sebuah startup digital bukan semata-mata untuk memperoleh pendapatan atau uang banyak, tetapi juga untuk menciptakan solusi nyata bagi permasalahan yang ada disekitar kita melalui teknologi”. Masing-masing narasumber berbagi mengenai perjalanan mereka dalam merintis bisnis digital dalam beragam bentuk, baik berupa solusi aplikasi (software) maupun solusi perangkat (hardware), semua dengan satu tujuan utama untuk memecahkan masalah yang ada melalui teknologi. Seorang narasumber juga menyampaikan, “dalam membangun bisnis, kita harus memiliki passion di bidang tersebut, sebab jika tidak kita akan cenderung mudah bosan dan pada akhirnya akan ada kemungkinan untuk meninggalkan bisnis tersebut sebelum benar-benar meraih kesuksesan”. Dia membangun bisnisnya didasari passion di bidang perangkat keras, oleh karena itu dia masih melakukan koding hingga saat ini karena dia memiliki passion disana. Dalam membangun bisnis juga harus bisa menemukan partner yang sevisi sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik, namun tidak menutup kemungkinan pula akan ada perpecahan atau pergantian partner apabila memang sudah tidak sevisi. Namun intinya semua tetap harus ditujukan agar bisnis yang telah berjalan dapat terus berjalan dengan baik dan semakin bertumbuh.

Jadi secara ringkas dapat disimpulkan bahwa pada tahapan Ignition dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ditujukan untuk menekankan serta memberikan pemahaman kepada semua startup founder maupun calon startup founder mengenai mentalitas serta pola pikir seorang startup founder. Tujuan utama membangun sebuah bisnis digital bukan semata untuk meraih pendapatan atau keuntungan yang banyak, tetapi juga untuk menciptakan suatu solusi atas permasalahan yang ada di lingkungan sekitar melalui teknologi. Itulah kurang lebih materi-materi yang disampaikan serta dibagikan pada tahapan awal Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Tickerbar

KumpulBlogger