Wednesday, 13 July 2016

Bermain Game Sambil Menjelajah Berbagai Lokasi Bersama Pokemon Go

Game Pokemon Go
Game Pokemon Go (sumber: The Pokemon Company)

Beberapa waktu terakhir ini, para gamer khususnya yang bermain di smartphone, sedang heboh. Para gamer yang biasanya memainkan game dengan cara menyendiri maupun berkelompok dan berdiam di suatu tempat tertentu, sekarang justru memainkannya dengan cara berlari-lari serta menuju ke berbagai lokasi tertentu seperti taman kota, sungai, serta berbagai lokasi lainnya. Ada apakah gerangan ? Apakah disebabkan mereka sedang stress karena saking sulitnya memainkan game yang biasa mereka mainkan ? Selidik punya selidik ternyata bukan itu sebabnya, melainkan karena ada suatu game baru bernama Pokemon Go.

Lalu, permainan seperti apakah Pokemon Go itu ? Kenapa sampai pemainnya harus berlari-lari keluar rumah atau menuju ke lokasi tertentu ? Pokemon Go ternyata adalah suatu game berbasis augmented reality yang dikembangkan oleh Pokemon Company dan Niantic Labs. Niantic Labs merupakan suatu perusahaan yang sudah terkenal di kalangan para gamer sebab perusahaan pecahan dari Google ini merupakan pihak dibalik game terkenal yang juga berbasis augmented reality, Ingress. Nah mengingat game Pokemon Go berbasis augmented reality, maka untuk dapat memainkannya dengan sempurnya, para gamer tidak dapat hanya berdiam diri saja ketika memainkan game ini, mereka dituntut untuk aktif serta berpindah ke lokasi tertentu untuk dapat memperoleh jenis monster seperti yang mereka inginkan.

Game Pokemon Go sendiri sampai saat ini merupakan game gratis yang dapat di download dari toko resmi Play Store untuk Android maupun App Store untuk iOS. Game ini mengizinkan para pemainnya untuk menangkap aneka ragam monster lucu yang terdapat di lokasi-lokasi tertentu di dunia nyata. Setiap event maupun obyek yang terdapat dalam game memiliki lokasi tertentu di dunia nyata sehingga untuk dapat memperoleh event atau obyek yang diinginkan, para gamer harus meninggalkan rumah serta menuju ke lokasi yang ditentukan.


Salah Satu Contoh Monster Pokemon Yang Tampak Di Dunia Nyata
Salah Satu Contoh Monster Pokemon Yang Tampak Di Dunia Nyata
(sumber: The Pokemon Company)

Dunia Pokemon yang diciptakan oleh permainan ini dapat dilihat melalui layar smartphone yang merupakan hasil olahan dari berbagai obyek yang ditangkap oleh kamera smartphone. Setiap gamer akan melihat dunia hasil olahan berupa animasi dan berbagai obyek 3D lainnya di layar smartphone. Obyek-obyek 3D tersebut nantinya akan berupa monster Pokemon yang imut dan lucu yang harus ditangkap oleh setiap gamer.

Dalam permainan ini, para gamer berperan sebagai trainer yang bertugas untuk menangkap sebanyak mungkin monster Pokemon yang diinginkan serta kemudian melatihnya dengan baik agar setiap monster dapat memiliki kemampuan yang lebih baik serta naik level. Jenis monster Pokemon yang dapat ditangkap dipengaruhi oleh lokasi geografis dunia nyata yang tertangkap oleh kamera smartphone. Setelah monster yang ditangkap dan telah dilatih dianggap memiliki kemampuan yang baik dan mumpuni, para gamer yang berperan sebagai trainer dapat saling bertukar monster atau justru saling berkompetisi dengan trainer lain dengan cara mempertarungkan monster yang telah dilatihnya.

Walaupun game ini gratis untuk di download, namun sebenarnya game ini tidak sepenuhnya gratis. Untuk dapat memiliki item tertentu di dalam game, para gamer perlu membelinya dengan menggunakan uang nyata. Item-item yang dibeli tersebut nantinya dapat digunakan untuk mempercepat perkembangan setiap monster Pokemon yang dimiliki oleh gamer.

Itulah sekilas mengenai game yang sedang menimbulkan kehebohan serta fenomena terbaru di banyak tempat di dunia. Selamat mencoba game tersebut apabila berminat. Untuk link downloadnya, silakan cek disini.

[diolah dari berbagai sumber]

Tickerbar

KumpulBlogger