Thursday, 16 April 2015

Komunitas Tangan Di Atas

Logo TDA
Komunitas Tangan Diatas atau biasa disingkat TDA merupakan komunitas atau kumpulan para pengusaha muda serta pengusaha dari berbagai level dan juga orang-orang lain yang berminat pada dunia wirausaha atau entrepreneurship. Komunitas yang baru saja menyelenggarakan acara Pesta Wirausaha 2015 ini telah memiliki anggota hingga puluhan ribu orang di seluruh Indonesia. Komunitas ini didirikan pada tahun 2006 oleh Roni Yuzirman dan Nuzli Arismal yang keduanya merupakan pengusaha di negeri ini. Kisah pendirian komunitas ini pun awalnya tak disengaja, sebab komunitas ini bermula dari sebuah blog sederhana yang berisi kisah perjuangan jatuh bangun dalam dunia wirausaha oleh Roni Yuzirman. Namun seiring dengan ramainya kunjungan terhadap blog tersebut, kemudian ada inisiatif untuk mengadakan pertemuan langsung (kopi darat) yang awalnya dihadiri oleh 40 orang. Pertemuan pertama tersebut berlanjut dan akhirnya menjadi suatu komunitas yang anggota terus bertambah dari waktu ke waktu.
Roni Yuzirman (Founder TDA)
Komunitas ini begitu ternama dan menjadi panutan maupun tempat atau sarana saling berbagi dan saling belajar tentang banyak hal, khususnya mengenai dunia kewirausahaan (entrepreneurship) yang harapannya akan semakin banyak pengusaha baru dilahirkan di negara ini sehingga negara ini dapat semakin maju dari hari ke hari serta menjadi negara maju (besar) di masa depan. Komunitas juga sering mengadakan acara-acara untuk saling temu, saling belajar, saling berbagi (ilmu atau pengalaman). Sejak beberapa tahun lalu, komunitas ini juga memprakarsai adanya event tahunan Pesta Wirausaha yang ditujukan sebagai sarana untuk membangun jejaring (networking), mengasah jiwa wirausaha melalui seminar motivasi, juga termasuk yang paling utama mendengarkan sharing pengalaman dari para pengusaha senior yang sudah berhasil di dunia wirausaha.

Logo Pesta Wirausaha 2015
Acara Pesta Wirausaha sendiri merupakan agenda utama dari TDA yang selalu diadakan setiap tahun dengan puncak acara biasanya diadakan di Jakarta. Untuk tahun 2015, guna menyambut diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), maka acara Pesta Wirausaha diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia, dengan puncak acara tetap dilaksanakan di Jakarta. Saya sendiri menjelang akhir tahun lalu (tepatnya tanggal 6 Desember) berencana mengikuti acara tersebut, namun karena ada suatu acara yang lebih penting, maka terpaksa untuk sementara menundanya.

Saya sendiri menjadi anggota komunitas ini sejak awal Desember 2014, akan tetapi saya telah sejak lama mendengar nama komunitas ini, namun baru pada bulan itu lah, saya berkesempatan (lebih tepatnya memutuskan) untuk bergabung sebagai member. Tujuan saya bergabung sebagai member, beberapa diantaranya adalah menambah jejaring bisnis yang saya yakini dapat bermanfaat untuk menumbuhkan bisnis saya, belajar dari pengalaman para pengusaha yang lebih senior, serta mengikuti berbagai kegiatan lain yang diselenggarakan oleh komunitas. Akan tetapi, sampai sejauh ini belum terlalu banyak manfaat yang telah saya peroleh dari bergabung di komunitas ini, namun saya tetap percaya bahwa masih banyak manfaat yang bisa saya peroleh maupun bagikan melalui komunitas ini ke depannya. Demikian sedikit berbagi tentang komunitas wirausaha paling besar dan ternama di negara ini, TDA. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tickerbar

KumpulBlogger