Saturday 1 March 2014

Growing Mindset: Bertumbuh Lebih Hebat, Lebih Dahsyat !

Setiap makhluk hidup, dapat dipastikan akan selalu mengalami pertumbuhan di sepanjang fase kehidupannya. Bertumbuh menjadi lebih tinggi, lebih besar, lebih dewasa, lebih kuat, dan berbagai macam atau jenis pertumbuhan lainnya. Manusia sebagai suatu makhluk hidup, tentu saja juga mengalami hal yang sama, bahkan mungkin variasi atau macam pertumbuhan yang kita alami dapat lebih banyak dibandingkan jenis makhluk hidup yang lainnya.
Manusia dapat bertumbuh menjadi lebih tinggi, lebih besar, lebih kuat, lebih dewasa, lebih bijak, lebih cerdas, lebih pintar, lebih sukses, lebih kaya, dan berbagai macam pertumbuhan kearah yang lebih baik lainnya. Pertumbuhan kita sebagai manusia dapat berupa pertumbuhan yang bersifat alami maupun pertumbuhan yang non-alami atau pertumbuhan yang diupayakan. Pertumbuhan yang bersifat alami contohnya, bayi yang awalnya masih kecil, semakin hari semakin bertumbuh menjadi bertambah besar dan bertambah tinggi. Sedangkan untuk pertumbuhan yang non-alami contohnya, bertumbuh menjadi lebih dewasa secara pemikiran, bertumbuh menjadi pribadi dengan karakter serta sikap yang lebih baik, bertumbuh menjadi manusia dengan tubuh yang lebih sehat dan kuat, bertumbuh menjadi individu yang lebih sukses, dan sebagainya.
Pertumbuhan non-alami yang beberapa contohnya telah saya sebutkan di atas, tentu saja tidak akan dapat terjadi secara tiba-tiba, namun perlu diupayakan atau diperjuangkan. Pertumbuhan tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, dimana salah satunya adalah faktor pola pikir atau mindset. Untuk dapat bertumbuh secara individu maupun kelompok, tentu saja kita perlu memiliki suatu pola pikir yang mendorong atau mengarahkan kita kepada pertumbuhan atau yang istilah kerennya dapat saya sebut sebagai growing mindset.
Suatu pertumbuhan, seperti yang telah saya ungkapkan di awal tulisan ini, memang utamanya dialami oleh setiap makhluk hidup. Namun ternyata pertumbuhan tidak hanya dialami oleh makhluk hidup, ‘makhluk yang tak hidup’ sekalipun juga dapat mengalami pertumbuhan. Sebagai contoh, suatu organisasi dapat bertumbuh menjadi organisasi yang lebih besar secara jumlah anggota maupun kapasitas, lebih besar (baca: luas) secara jangkauan, dan lebih besar secara dampak atau manfaat yang dapat diberikannya.
Nah, ternyata suatu bisnis yang juga dapat digolongkan sebagai ‘makhluk tak hidup’ juga dapat mengalami pertumbuhan dalam beragam bentuk atau aspeknya. Hal ini pula yang saya sadari dan sedang saya upayakan sebagai seorang pengusaha untuk usaha saya yang bergerak di bidang teknologi informasi. Dan secara kebetulan pula, hal yang sama juga menjadi fokus utama dari pembelajaran yang diberikan dalam program pembelajaran entrepreneurship online T100 yang diadakan oleh UCEO (Universitas Ciputra Entrepreneurship Online). Segera setelah mengetahui adanya program atau kurikulum pembelajaran baru yang diberikan oleh UCEO dan didorong pula oleh kesadaran serta keinginan untuk menjadikan bisnis saya menjadi lebih besar, lebih kuat, dan lebih bermanfaat bagi banyak pihak, maka dengan segera saya memutuskan untuk mendaftarkan diri mengikuti program pembelajaran baru ini. Ditambah pula dengan adanya tokoh-tokoh di bidang entrepreneurship yang telah sangat berpengalaman di negeri ini yang turut bersedia untuk berbagi ilmu serta pengalaman dalam mengembangkan serta membesarkan usahanya masing-masing. Faktor ini pula yang membuat saya percaya bahwa program pembelajaran ini dapat memberikan inspirasi, dorongan, motivasi, serta ilmu untuk turut membantu saya dalam upaya saya menumbuhkan dan membesarkan bisnis saya.
Dari pengalaman pribadi, saya sadar bahwa untuk membangun sebuah bisnis memiliki tantangan tersendiri, begitu pula untuk menjadikan bisnis yang telah dibangun menjadi sebuah bisnis yang besar dan bermanfaat bagi banyak pihak. Salah satu tantangan utama yang ada adalah terkait dengan mindset dari seorang pengusaha itu sendiri. Mindset yang dapat berupa perasaan cepat puas, kurang fokus, kurang konsisten, kurang disiplin, kurang tekun dan ulet, mudah menyerah, serta berbagai macam mindset negatif atau salah lainnya yang ternyata menjadi penghalang utama dalam pertumbuhan suatu bisnis. Hal inilah yang mungkin menjadi dasar dijadikannya materi mengenai Growth Mindset sebagai materi paling awal pada program T100. Dari materi berupa yang telah saya pelajari serta dari berbagai sumber lain, saya akhirnya menjadi semakin sadar dan yakin bahwa dengan mindset yang tepat dari seorang pengusaha, maka bisnis yang dijalankannya dapat bertumbuh semakin besar, semakin baik, dan semakin bermanfaat.
Semoga materi yang telah saya pelajari pada minggu pertama ini dan materi-materi yang akan saya pelajari pada minggu-minggu selanjutnya dapat benar-benar bermanfaat dalam membantu saya untuk mengembangkan bisnis saya hingga dapat bertumbuh 100 kali lipat atau lebih. Bertumbuh menjadi lebih hebat, lebih dahsyat. Sebagai penutup, saya teringat ucapan dari pelatih sukses nomor satu dunia, Anthony Robbins, berikut saya kutipkan dengan terjemahan versi saya sendiri: jika Anda ingin membuat bisnis Anda menjadi lebih besar, maka Anda perlu mendorong (memaksa) diri Anda melampaui semua batasan Anda. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment

KumpulBlogger